LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TIC( Tourist Information Center) DAN GEDUNG PERTUNJUKAN SENI DI KABUPATEN MAGELANG

WIDHIATI, EVERINE CLAUDINA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TIC( Tourist Information Center) DAN GEDUNG PERTUNJUKAN SENI DI KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Gedung pertunjukan Seni di kabupaten magelang adalah sebuah area publik dengan transformasi karakter pengguna (empatik dan kreatif) yang diharapkan dapat menjadi suatu ruang yang mengarah pencapaian suasana santai mendorong interaksi yang akrab/guyub serta mendorong interaksi sosial yaitu pengembangan berbagai nilai (kultural/seni/budaya maupun sosial). Sebuah ruang untuk kegiatan yang bersifat publik serta yang bersifat meningkatkan kualitas kehidupan warga Magelang. Fungsi Gedung pertunjukan seni direalisasikan dengan menghadirkan suasana representatif dan rekreatif bagi masyarakat yang diwujudkan dalam ruang luar dan ruang dalam dengan pendekatan ekologi-budaya dalam arsitektur. Perwujudan budaya pada desain tata ruang bangunan di Kabupaten Magelang ini mengambil konsep tata ruang dan organisasi ruang pada rumah Joglo, elemenelemen pada rumah Jawa, serta fasilitas taman yang mendukung interaksi sosial. Pendekatan arsitektur lokal diwujudkan dalam penataan landscape dan desain massa bangunan pada Gedung pertunjukan seni di Kabupaten Magelang. Melalui pendekatan ekologi-budaya pada perwujudan desain Gedung pertunjukan seni diharapkan ruang publik tersebut dapat menjadi salah satu ruang terbuka hijau bagi kota yang mampu mewadahi kegiatan sosial dan budaya masyarakat Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur lokal, Budaya, Gedung pertunjukan seni, Kabupaten Magelang.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:45
Last Modified: 06 Mar 2019 02:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17294

Actions (login required)

View Item View Item