STUDI KOMPARASI ATAS KONTRAK KREDIT SINDIKASI PERBANKAN DAN KERJA SAMA JAVA RECONSTRUCTION FUND (JRF)

TARIGAN, YONATHAN DENNY SUBRATA (2011) STUDI KOMPARASI ATAS KONTRAK KREDIT SINDIKASI PERBANKAN DAN KERJA SAMA JAVA RECONSTRUCTION FUND (JRF). S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MIH812790.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MIH812791.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MIH812792.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MIH812793.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB IV)
MIH812794.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MIH812795.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang STUDI KOMPARASI ATAS KONTRAK KREDIT SINDIKASI PERBANKAN DAN KERJA SAMA JAVA RECONSTRUCTION FUND (JRF) menunjukkan perbandingan dari dua kontrak kerja sama sindikasi dana yang memiliki kesamaan sekaligus perbedaan yang mendasar. Upaya yang dilakukan adalah membaca kedua dokumen kontaknya, mencermati dan kemudian membandingkan persamaan dan perbedaan yang ada. Perbandingan dilihat mulai dari bentuk, susunan, bahasa, sampai pilihan kata dalam kedua buah kontrak untuk memahaminya lebih detail. Pendekatan yang dipakai adalah sejarah hukum dan perbandingan hukum. Sejarah hukum digunakan untuk melihat keterkaitan antara program kredit sindikasi perbankan dengan sindikasi dana hibah Java Reconstruction Fund (JRF) dan perbandingan hukum digunakan sebagai dasar dalam membandingkan kedua kontrak sindikasi dana yang dipengaruhi oleh sistem hukum civil law dan common law. Tahapan sebelum persetujuan kontrak dilihat dan diperbandingkan melalui alur kerja samanya yang didasari oleh asas kebebasan berkontrak. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat kesamaan yang begitu dekat antara kontrak kredit sindikasi perbankan dengan kontrak program Java Reconstruction Fund secara substansial. Perbedaan antara kedua buah dokumen kontrak kerja sama adalah pada tujuan dan sistem hukum para pihak yang mendasari berlakunya masing-masing kontrak kerja sama ini. Terkait dengan perlindungan hukum, undang-undang tentang kerja sama luar negeri, undang-undang penanaman modal, undang-undang perbankan, undang-undang penanggulangan bencana dan undang-undang penyelesaian sengketa menjadi dasar pijakan dalam perlindungan programJava Reconstruction Fund (JRF).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KREDIT SINDIKASI, JAVE RECONTRUSCTION FUND, SEJARAH HUKUM, PERBANDINGAN HUKUM DAN PERLINDUNGAN HUKUM
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:46
Last Modified: 08 Mar 2019 02:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17347

Actions (login required)

View Item View Item