EFEKTIVITAS IKLAN CANON INDONESIA MELALUI INSTAGRAM

SAPUTRO, ELAN VATAMA (2018) EFEKTIVITAS IKLAN CANON INDONESIA MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Kemajuan teknologi membawa cara komunikasi baru di masyarakat. Media sosial hadir merubah paradigma komunikasi di masyarakat dimana komunikasi tidak lagi terbatas pada jarak, ruang dan waktu. Salah satu media sosial yang cukup dikenal di kalangan masyarakat adalah Instagram. Selain kegunaannya sebagai sarana berkomunikasi dengan orang lain, saat ini Instagram juga digunakan sebagai sarana perusahaan untuk melaksanakan kegiatan periklanannya. Canon Indonesia menggunakan Instagram sebagai media beriklannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas iklan Canon Indonesia melalui Instagram. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan teori SMCR, Periklanan, Efektivitas Iklan dan EPIC Model untuk melakukan analisis terhadap efektivitas iklan Canon Indonesia melalui Instagram. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 74 orang melalui metode survey. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan metode alpha cronbach. Data yang didapatkan dianalisis dengan analisis EPIC Model. Efektivitas iklan diukur dengan menggunakan EPIC Model yang mencakup empat dimensi, yaitu: Emphaty, Persuation, Impact dan Communication. Berdasarkan hasil penelitian diperolah bahwa iklan Instagram Canon Indonesia mendapatkan skor 3,24 (Emphaty), 3.10 (Persuation), 2,82 (Impact), 3,15 (Communication). Dari hasil penghitungan data EPIC Model tersebut menunjukkan bahwa semua dimensi EPIC berada pada rentang skala efektif. Dimensi Empahty menjadi dimensi yang paling menonjol dibandingkan dengan dimensi lain, hal ini menunjukkan bahwa iklan Instagram Canon Indonesia disukai oleh konsumen, namun dimensi Impact memiliki skor efektivitas terendah, yang berarti bahwa iklan Instagram Canon Indonesia kurang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk-produk Canon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Iklan, Iklan Canon, Canon Indonesia.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:56
Last Modified: 08 Mar 2019 02:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item