PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @lynnjogja TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LYNN HOTEL BY HORISON YOGYAKARTA

WICAKSONO, FELIX DWIKY (2018) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @lynnjogja TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LYNN HOTEL BY HORISON YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04400.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif dialami Lynn Hotel by Horison dilihat dari pertumbuhan hotel yang semakin pesat di Yogyakarta. Agar hotel tersebut dapat terus berkembang, mereka harus memanfaatkan fungsi penting dalam pelaksanaan strategi pemasaran yang lebih baik dari pesaingnya. Salah satu media untuk mengiklankan adalah dengan internet (e-commerce). Penggunaan media sosial tertinggi di Indonesia salah satunya adalah instagram. Lynn Hotel by Horison, memanfaatkan media sosial khususnya instagram dalam mengiklankan produk mereka. Pesan iklan yang efektif dapat disajikan berupa gambar dan video yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya tarik iklan di media sosial instagram @lynnjogja terhadap keputusan pembelian konsumen di Lynn Hotel by Horison. Metode penelitian tersebut dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan 100 responden sesuai dengan perhitungan, dengan ketentuan responden dipilih dari orang yang pernah penginap di Lynn Hotel, merupakan followers aktif dan pernah melihat iklan di instagram Hotel Lynn. Teknik analisis ini menggunakan teknik analisis tabulasi silang, agar dapat melihat hubungan antara variabel dapat tampak dengan jelas maka dalam analisis crosstab digunakan analisis statistik yaitu Chi Kuadrat (Chi Square) yang disimbolkan dengan χ2. Hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut yaitu iklan yang dipasang oleh Lynn Hotel di Instagram dikatakan menarik dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian dengan dibuktikan dengan nilai χ2 hitung sebesar 10,357 dengan tingkat signifaksi 0,006 yang lebih kecil dari 0,05 (0,006<0,05). Saran dari penetian ini yaitu Lynn Hotel meningkatkan daya tarik iklan tersebuh dengan isi dari iklan di instagram yang persuasif dan lebih memperhatikan faktor daya tarik iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Iklan, Keputusan Pembelian, Strategi Pemasaran, ECommerse, Instagram.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:17
Last Modified: 08 Mar 2019 03:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item View Item