PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI (Studi Kuantitatif tentang Pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli Followers Ardiyanto Batik)

Amarawati, Abigail Prajna (2018) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI (Studi Kuantitatif tentang Pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli Followers Ardiyanto Batik). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04535.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli. Masalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh brand image terhadap minat beli pelanggan Ardiyanto Batik, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, merek, brand image, dan minat beli. Brand image yang diartikan sebagai pandangan masyarakat tentang sebuah merek yang tersimpan secara kuat di dalam ingatan, berserta dengan asosiasi-asosiasi yang berkaitan dengan merek tersebut (Shimp, 2010:36) digunakan untuk mengukur pengaruhnya terhadap minat beli yakni perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian (Kotler, 2002:15) dengan tingkatan minat eksploratif, referensial, transaksional, dan preferensial (Ferdinand, 2002:129). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei, di mana penulis membagikan kuesioner kepada sampel yang dipilih yakni sejumlah 117 responden yang merupakan followers dari akun Instagram Ardiyanto Batik (@ardiyantobatik). Hipotesis yang diajukan adalah terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan brand image terhadap minat beli followers Ardiyanto Batik. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Likert, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen variabel brand image dan variabel minat beli dinyatakan valid dan reliabel. Data yang ditemukan menunjukkan brand image yang dimiliki oleh Ardiyanto Batik memiliki nilai yang baik oleh responden, dibuktikan dengan 73 responden berada di kelas tinggi, 27 responden berada di kelas sedang dan sisanya 17 responden berada di kelas rendah. Selain itu minat beli terhadap produk Ardiyanto Batik memiliki nilai yang baik, hal ini dibuktikan dengan 81 responden berada di kelas tinggi, 11 responden berada di kelas sedang dan 25 responden berada di kelas rendah. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai pengaruh sebesar 0,690 dan signifikansi 0,000 yang memiliki arti bahwa brand image secara signifikan dan kuat mempengaruhi minat beli. Hal ini membuktikan jika calon konsumen dengan citra merek yang tinggi terhadap suatu merek lebih mungkin untuk melakukan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan brand image terhadap minat beli followers Ardiyanto Batik. Penulis mengharapkan penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam perancangan strategi komunikasi berkaitan dengan brand image dengan tujuan menciptakan atau meningkatkan minat beli pada calon konsumennya. Selain itu penelitian selanjutnya diharap menggunakan hal selain brand image, sehingga diketahui hal manakah yang lebih efektif dalam upaya meningkatkan minat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brand image, minat beli, batik, followers, Instagram
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:40
Last Modified: 08 Mar 2019 03:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17372

Actions (login required)

View Item View Item