PLAGIARISME FOTO JURNALISTIK Studi Kasus Praktik Plagiarisme oleh Pewarta Foto Surat Kabar Harian Lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Buwana, Abraham Genta (2018) PLAGIARISME FOTO JURNALISTIK Studi Kasus Praktik Plagiarisme oleh Pewarta Foto Surat Kabar Harian Lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04454.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk plagiarisme foto jurnalistik yang dilakukan oleh para pewarta foto surat kabar harian lokal khususnya yang terjadi D.I. Yogyakarta, termasuk juga untuk mengetahui apa motivasi adanya praktik plagiarisme foto jurnalistik di kalangan pewarta foto surat kabar harian lokal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data primer hasil wawancara dari para pelaku plagiarisme dan studi kepustakaan. Studi kepustakaan dibatasi dalam kerangka pemahaman konsep/teori mengenai etika profesi, plagiarism, foto jurnalistik, dan pendapat para ahli. Metode dan kerangka teori ini digunakan untuk menjawab permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik plagiarisme foto jurnalistik dilakukan oleh para pewarta foto. Peneliti membatasi subjek, obyek dan lokasi penelitian pada 5 (lima narasumber yang berprofesi sebagai pewarta foto surat kabar harian lokal di D.I. Yogyakarta. Lebih lanjut hasil penelitian menemukan bahwa praktik plagiasi memang benar-benar terjadi, dilakukan secara sadar oleh para pewarta foto. Peneliti menggunakan kata sadar karena para pewarta foto sebenarnya mengetahui bahwa apa yang narasumber lakukan adalah melanggar kode etik profesi jurnalistik, namun karena alasan tertentu (motivasi) mereka memilih untuk tetap melakukannya. Dengan demikian penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa plagiasi berupa photo cloning memang terjadi di kalangan para pewara foto, dilakukan dengan sadar dan mereka menganggap hal tersebut bukan hal serius pelanggaran kode etik jurnalistik. Dari kesimpulan itu penelitian menyarankan agar dewan pers, organisasi pewarta foto Indonesia, dapat menegakkan aturan mengenai plagiasi ini. Hal ini penting karena pembentukan opini pembaca surat kabar sangat dibantu oleh adanya foto yang otentik, orisinil dan memotret keadaan masyarakat yang sebenernya terjadi pada waktu itu (foto yang kontekstual dan faktual).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, Foto Jurnalistik, Etika Profesi Jurnalistik
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:50
Last Modified: 08 Mar 2019 03:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17376

Actions (login required)

View Item View Item