WIDYANTORO, BONAVENTURA NICO (2018) PEMBENTUKAN CITRA LOKAL HOTEL AND RESTAURANT MELALUI ELEMEN IDENTITAS KORPORAT. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM04318.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembangunan hotel yang sangat pesat di Kota Yogyakarta memunculkan persaingan ketat antar pengusaha perhotelan. Oleh karena itu, citra lantas dimunculkan dan ditampakkan untuk dapat bersaing di tengah maraknya pembangunan hotel di Kota Yogyakarta, yang akan menjadi pembeda dengan hotel lainnya. Salah satu hotel yang menerapkan citra sebagai salah satu strategi untuk bersaing di tengah industri perhotelan di Kota Yogyakarta adalah Lokal Hotel and Restaurant. Lokal Hotel and Restaurant merupakan satu-satunyua hotel yang mengusung lokalitas ditengah maraknya pembangunan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan temuan data berupa hasil wawancara terkait dengan pembentukan citra Lokal Hotel and Restaurant yang mengusung konsep lokalitas melalui elemen identitas korporat. Subjek penelitian ini adalah General Manager Lokal Hotel and Restaurant dan pemilik Lokal Hotel and Restaurant, yang kemudian dilakukan reduksi data untuk memudahkan peneliti melakukan analisis. Adapun selanjutnya proses ini berlanjut pada penarikan kesimpulan terhadap analisis tersebut. Hasil penelitian ini adalah citra sebagai hotel yang mengusung konsep lokalitas dibangun oleh Lokal Hotel and Restaurant melalui elemen identitas korporat. Adapun identitas korporat yang digunakan meliputi perilaku yang digambarkan melalui seluruh aktivitas operasional hotel, komunikasi yang digambarkan melalui seluruh aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh Lokal Hotel and Restaurant kepada pihak eksternalnya terutama para tamu dan juga melalui simbolisme yang digambarkan melalui seluruh visualisasi yang ada di Lokal Hotel and Restaurant. Pada penelitian ini terdapat temuan bahwa Lokal Hotel and Restaurant tampaknya menjalin relasi dengan pihak eksternal melalui cara-cara impelementasi dari budaya Jawa. Melalui komunikasinya Lokal Hotel and Restaurant menyiasati penggunaan media modern dengan implementasi traditional. Hal ini menunjukan keseriusan Lokal Hotel and Restaurant dalam membentuk citra hotel yang mengusung konsep lokalitas yang diproyeksikan berdasarkan elemen identitas korporat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | citra, identitas korporat, Lokal Hotel and Restaurant |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 03:56 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 03:56 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17378 |
Actions (login required)
View Item |