IDENTIFIKASI RUANG MASYRAKAT URBAN (STUDI KASUS PAGUYUBAN PRINGGOMUKTI KELURAHAN PRINGGOKUSUMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Wicaksono, Noviandi (2018) IDENTIFIKASI RUANG MASYRAKAT URBAN (STUDI KASUS PAGUYUBAN PRINGGOMUKTI KELURAHAN PRINGGOKUSUMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
SOS04471.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan daerah pariwisata dengan Malioboro sebagai ikonnya. Hal ini mempengaruhi bentuk ruang masyrakat di dalamnya, yaitu salah satunya terdapat masyarakat urban. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi ruang masyarakat urban. Pendekatan penelian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian paguyuban Pringgomukti. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman, yang meliputi: reduksi data, display data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan tiranggulasi sumber. Pisau analisis menggunakan pandangan Simmel dengan teori sosiologis ruangnya yang meliputi: interaksi, waktu, jumlah, dan mobilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua bentuk ruang, yaitu: ruang spasial dan ruang sosial yang masing-masing mempunyai makna. Keduanya mempunyai makna sebagai ruang hidup untuk paguyuban Pringgomukti. Dalam ruang masyarakat Pringgomukti terdapat eksklusivitas (keunikan, tujuan (social purpose) dan frame boundaries, fixing dan localizing, proximity, relasi spesial yang mempengaruhi bentuk interaksi di dalam ruang sebagaimana yang Simmel katakan. Sedangkan dalam ruang spasial terdapat ruang privat dan public. Dalam ruang sosial terdapat ruang sosial temporer dan rutin. Kesemuanya ini tercipta melalui proses secara alami yang terpola, sehingga menjadi kebiasaan dan konsensus antar individu dan kelompok. Mereka memaknai ruang sebagai wadah yang mencerminkan hubungan keintiman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: paguyuban, Simmel, interaksi sosial, ruang
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:23
Last Modified: 08 Mar 2019 04:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17388

Actions (login required)

View Item View Item