PENGEMBANGAN PROSEDUR PENGURUTAN PRIORITAS PEMBERSIHAN KAMAR DI KJ HOTEL

KARTIKA, CHRISTOPORA YANNI (2018) PENGEMBANGAN PROSEDUR PENGURUTAN PRIORITAS PEMBERSIHAN KAMAR DI KJ HOTEL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHRISTOPORA YANNI KARTIKA)
TI08026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KJ Hotel merupakan sebuah hotel berbintang empat di Yogyakarta yang mulai beroperasi pada tahun 2016. Sebagai sebuah industri jasa, testimoni dari pelanggan pada situs booking online perlu mendapat perhatian karena menjadi salah satu pertimbangan bagi calon pelanggan saat akan memutuskan pilihan tempat menginap. Saat ini, KJ Hotel menerima keluhan dari pelanggan mengenai ketidaksiapan kamar dan waktu tunggu yang lama saat proses check in. Permasalahan yang dihadapi oleh KJ Hotel disebabkan oleh kesalahan urutan oleh room boy dalam proses pembersihan kamar. Dalam penelitian ini, dikembangkan sebuah prosedur pengurutan prioritas pembersihan kamar untuk setiap lantai di KJ Hotel dengan mempertimbangkan due date dan waktu proses pembersihan masing-masing kamar. Prosedur yang disusun menggunakan metode penjadwalan industri manufaktur, yaitu earliest due date dan shortest processing time. Untuk membantu operator dalam menggunakan prosedur, dirancang sebuah worksheet pada Microsoft Excel yang mengelompokkan urutan prioritas masing-masing kamar. Prosedur yang disusun berhasil mengurangi jumlah tardy job dan memiliki waktu penyelesaian yang lebih singkat pada data tanggal 13 – 15 April 2018.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengurutan, priority rules, Earliest Due Date, Shortest Processing Time, penjadwalan jasa
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 08 Mar 2019 05:10
Last Modified: 08 Mar 2019 05:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item