LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR YOUTH CENTRE SEBAGAI RUANG AKTIVITAS REMAJA KOTA CILEGON

CHRISTIANI, YOLANDA (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR YOUTH CENTRE SEBAGAI RUANG AKTIVITAS REMAJA KOTA CILEGON. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TA156700.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA156701.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA156702.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TA156703.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TA156704.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
TA156705.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA156706.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kota Cilegon yang dikenal secara luas sebagai Kota Industri Kota Cilegon memiliki banyak penduduk usia muda. Berdasarkan Badan Pusat Statistik Kota Cilegon pada tahun 2013 26% dari penduduk Kota Cilegon adalah Remaja berusia 10-24 tahun, namun pembinaan terhadap remaja di Kota Cilegon kurang diperhatikan. Pendidikan untuk para remaja di Kota Cilegon masih hanya sebatas fasilitas sekolah yang memadahi, namun belum ada pendidikan informal yang mampu mengembangkan dan mengoptimalisasi bakat dan kreatifitas remaja Kota Cilegon. Pada usia remaja, remaja cenderung lebih menyukai kegiatan sosial dan kegiatan di luar rumah, kegiatan jika tidak dikontrol dengan baik dapat mengarah kenakalan remaja yang marak terjadi. Kotrol sosial pada kegiatan remaja dapat diwujudkan kepeada pengarahan pengembangan aktifitas yang mendukung bakat dan kreatifitas dari remaja. Pengembangan aktifitas yang mendukung minat bakat serta kreatifitas remaja tersebut membutuhkan sebuah wadah fasilitas yang baik. Remaja Kota Cilegon memerlukan sebuah fasilitas dimana mereka dapat mengembangkan bakat mereka dengan baik, para remaja dapat mengisi waktu luang dan kegemaran untuk mengembangkan bakat yang bermanfaat. Youth Centre yang dirancang merupakan pusat fasilitas yang diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Youth Centre di Kota Cilegon akan mewadahi aktifitas pengembangan bakat remaja baik dalam bidang olahraga, kesenian, edukasi maupun rekreasi. Youth Centre yang dirancang memiliki tujuan untuk dapat dekat pada pengguna yaitu remaja, sehingga youth centre dirancang dengan pendekatan karakter dinamis. Karakter dinamis merupakan karakter dari remaja Kota Cilegon yang selalu memiliki jiwa yang Positif, Aktif, dan Kreatif. Karakter dinamis nantinya juga akan diwujudkan pada desain wajah bangunan dimana wajah bangunan dari youth centre akan memanfaatkan material baja sebagai material utama dan ekspos untuk menunjukan ciri dari Kota Cilegon sebagai Kota Baja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Youth Centre, Aktifitas, Remaja, Dinamis, Aktif, Kreatif, Karakter Dinamis, Minat, Bakat, Kreativitas.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:31
Last Modified: 12 Mar 2019 03:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17473

Actions (login required)

View Item View Item