Reksi, Reyno Alga (2018) RISET PEMASARAN USULAN STRATEGI BUNDLING TERHADAP MAKANAN TRADISIONAL YANGKO DI IKM YANGKO PAK PRAPTO. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TI080170.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TI080171.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TI080172.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
TI080173.pdf Download (502kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TI080174.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
TI080175.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
TI080176.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
|
Text (BAB VII)
TI080177.pdf Download (725kB) | Preview |
Abstract
Yangko merupakan salah satu makanan tradisional khas Yogyakarta yang diproduksi dan dijual di IKM Yangko Pak Prapto. Makanan ini kurang populer dan kurang diminati terutama dikalangan pendatang dari luar Yogyakarta karena berdasarkan survei dari 173 pendatang dari luar Yogyakarta hanya 40% yang mengetahui yangko dan 27% yang pernah membeli yangko. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan riset pemasaran pada IKM Yangko Pak Prapto yang bertujuan meningkatkan minat beli konsumen terhadap yangko dengan melakukan usulan strategi bunlding produk terhadap makanan yangko. Data sekunder yang didapatkan mendukung usulan bundling produk makanan yangko yaitu menggabungkan makanan tradisional yangko dan bakpia ke dalam satu kemasan dengan nama bakpia yangko dapat meningkatkan minat beli konsumen terhadap yangko. Sedangkan data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik purpsive sampling di gerai makanan tradisional Yogyakarta berjumlah 342 responden. Analisis yang digunakan pada riset ini yaitu analisis tren, similaritas, kontradiksi, dan odd grouping dengan penyajian data menggunakan pie chart dan diagram batang. Hasil data menunjukkan pembeli makanan tradisional didominasi oleh wisatawan dengan persentase 47,5%, penduduk asli Yogyakarta 24,2%, dan penduduk luar Yogyakarta yang berdomisili di Yogyakarta 28,3%. Hasil analisis minat beli konsumen menunjukkan 89% responden tertarik untuk membeli makanan bakpia yangko. Tahap akhir dari hasil analisis ini yaitu berupa action plan berdasarkan data yang didapatkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Riset Pemasaran, Strategi Bundling, Yangko, Bakpia Yangko |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 13 Mar 2019 06:10 |
Last Modified: | 13 Mar 2019 06:10 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17525 |
Actions (login required)
View Item |