EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS LAYANAN JASA KERETA API PRAMBANAN EKSPRESS YOGYAKARTA-SOLO

PAMUNGKAS, SEPTIAN YONY DWI (2019) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS LAYANAN JASA KERETA API PRAMBANAN EKSPRESS YOGYAKARTA-SOLO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15482.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Transportasi berperan penting sebagai penunjang, pendorong dan penggerak bagi pertumbuhan daerah yang berpotensi namun belum berkembang, dalam upaya peningkatkan dan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. Menyadari peranan transportasi darat khususnya pelayanan dalam kereta api harus seimbang dengan tingkat kebutuhan dan tersedianya pelayanan angkutan yang ramah, aman, cepat, lancar, tertib, teratur, nyaman, selamat dan efisien. Perlu dilakukan pengujian tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa kereta Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo agar penumpang mendapatkan pelayanan yang terbaik. Pengumpulan data berupa kuesioner yang diberikan kepada 100 penumpang Kereta Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo. Dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengetahui kelayakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisa Deskriptif dan metode IPA (Importance Performance Analysis) yang terdiri dari analisis tingkat kesesuaian dan analisis kuadran. Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian, tingkat kepuasan penumpang Kereta Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo rata-rata 78,05 % yang menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh layanan jasa kereta api Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo sudah memuaskan. Dari hasil analisis diagram Kartesius pelayanan jasa kereta api Prambanan Ekspress Yogyakarta- Solo yang harus dipertahankan untuk waktu selanjutnya karena dianggap sangat penting oleh penumpang dan hasilnya sangat memuaskan adalah : Variabel 3, 4, 7, 8, 13, 15, 19, dan 20. Sedangkan pelayanan yang harus diprioritaskan untuk ditingkatkan layanan jasa kereta api Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo karena dianggap penting oleh penumpang namun pada kenyataannya atribut tersebut belum sesuai dengan harapan penumpang adalah : Variabel 2, 5, 10, 12 dan 14.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kereta Prambanan Ekspress Yogyakarta-Solo, Kepuasan, Harapan Kualitas Pelayanan, Kinerja. Importance Performance Analysis (IPA) dan Analisa Deskriptif
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:17
Last Modified: 18 Mar 2019 04:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17641

Actions (login required)

View Item View Item