PALIJAMA, STERSY HERLIN (2018) ANALISIS PENGARUH BECAK TERHADAP KINERJA JALAN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
TS151800.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS151801.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TS151802.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
TS151803.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TS151804.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (BAB V)
TS151805.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS151806.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Laju becak kayuh yang lambat dan dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat sehingga becak kayuh dimodifikasi menjadi kendaraan bertenaga mesin yang disebut sebagai becak motor. Di kota Yogyakarta dan sekitarnya becak motor telah ditetapkan sebagai kendaraan yang ilegal. Hal ini disebabkan standar kelaiakan kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan undang-undang dan juga dianggap dapat menggangu dan memusnakan kendaraan becak kayuh sebagai kendaraan tradisional dan simbol kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah becak kayuh dan becak motor di kota Yogyakarta, radius pelayanan becak kayuh dan becak motor serta pengaruh proporsi kendaraan becak kayuh dan becak motor terhadap kinerja jalan. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data di lapangan dengan mencatat paguyuban dan jumlah kendaraan becak motor di kota Yogyakarta, untuk analisis pengaruh proporsi becak kayuh dan becak motor terhadap kecepatan kendaraan, dilakukan pada 3 lokasi penelitian yaitu Jalan K.H. Wahid Hasyim, Jalan Letjen S. Parman, dan Jalan Suryowijayan dengan waktu 2 hari penelitian, satu hari dilakukan sebanyak tiga kali, pagi hari pukul 08.00-09.00 WIB, siang hari pukul 13.00-14.00 WIB dan sore hari pukul 17.00-18.00 WIB. Metode yang digunakan untuk analisis pengaruh proporsi becak terhadap kecepatan kendaraan ialah analisis regresi. Hasil penelitian diperoleh jumlah becak kayuh di kota Yogyakarta adalah 5048 kendaraan dan jumlah becak motor di kota Yogyakarta adalah 1178 kendaraan. Radius pelayanan becak kayuh dan becak motor berkisar 1 sampai 4 kilometer. Pada penelitian di lokasi Jalan K.H. Wahid Hasyim, Jalan Letjen S. Parman, dan Jalan Suryowijayan, hasil analisis regresi menyatakan proporsi becak kayuh dan becak motor cukup berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan. Setiap kenaikan proporsi becak kayuh dan becak motor sebesar 10% hari Rabu, 21 November 2018 pada Jalan Suryowijayan arah utara-selatan pukul 13.00-14.00 WIB menyebabkan penurunan kecepatan sebesar 4,472 km/jam dan 4,326 km.jam. Perlu dibatasi wilayah operasi kerja kendaraan becak di kota Yogyakarta, agar tidak mempengaruhi kecepatan kendaraan dan juga tidak menghilangkan kendaraan becak sebagai simbol kota Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | becak kayuh, becak motor, proporsi becak, kecepatan kendaraan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 04:26 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 04:26 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17644 |
Actions (login required)
View Item |