PENGARUH OPINI AUDIT GOING CONCERN TAHUN SEBELUMNYA DAN INDIKATOR KEUANGAN DALAM PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017)

Handojo, Fanny (2018) PENGARUH OPINI AUDIT GOING CONCERN TAHUN SEBELUMNYA DAN INDIKATOR KEUANGAN DALAM PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA19536.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh opini audit going concern tahun sebelumnya dan indikator keuangan terhadap pemberian opini audit going concern. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2013-2017. Jumlah sampel perusahaan dalam penelitian ini adalah 128 perusahaan manufaktur. Sedangkan laporan keuangan yang dipakai berjumlah 640 laporan keuangan. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan dan laporan auditor independen. Alat analisis yang digunakan adalah pengujian regresi logistik dengan tingkat signifikansi 5%. Setelah dilakukan uji regresi logistik menunjukkan hasil bahwa opini audit going concern tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap penerimaan opini audit going concern hal ini disebabkan bahwa perusahaan yang menerima opini audit going concern tahun sebelumnya kemungkinan besar akan menerima opini yang sama ditahun berikutnya. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern. Solvabilitas tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern. Sedangkan profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Opini Audit Going Concern, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:39
Last Modified: 27 Mar 2019 02:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17756

Actions (login required)

View Item View Item