ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS SIKLUS PENGELUARAN TERKAIT PENERIMAAN BARANG PADA PT.TIRTA MASINDO BATAM

Amelinda, . (2018) ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS SIKLUS PENGELUARAN TERKAIT PENERIMAAN BARANG PADA PT.TIRTA MASINDO BATAM. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20512.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem yang baru untuk prosedur siklus pengeluaran terkait penerimaan barang pada PT.Tirta Masindo Batam. Untuk mengevaluasi apakah aktivitas yang telah dilakukan perusahaan baik atau buruk maka penelitian ini menggunakan teori siklus pengeluaran menurut Romney dan Paul (2014). Penelitian ini juga menjelaskan alasan strategis mengapa perusahaan perlu merancang sistem yang baru pada siklus pengeluaran yang terkait pada penerimaan barang. Metode perancangan sistem baru yang digunakan dalam penelitian ini adalah Life Cycle Using Prototyping dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) wawancara, (2) observasi dan (3) dokumen. Tahap perancangan sistem menggunakan metode prototyping terdiri dari 4 tahap dimana tahap build, test, ammend dan implementation. Dimana pada penelitian ini dilakukan hingga prototyping ke tiga. Pada penelitian ini menggunakan prototyping hingga prototyping tahap ke tiga. Pada prototyping pertama di lakukannya perancang sistem sesuai dengan keinginan client dan kemudian pada prototyping ke dua setelah percobaan pemakaian ditemukan bahwa kolom tanggal pada pemasukan barang dan retur barang tidak tersedia, hingga selanjutnya dilakukan prototyping ke tiga yaitu ada laporan, dimana laporan secara keseluruhan tidak tersedia dan tidak otomatis tersimpan pada sistem sehingga pada prototyping ke tiga ini melakukan perbaikan atas masukan dan umpan balik dari kedua pihak yaitu dengan membuat laporan bulanan transaksi, sehingga pengguna dapat mengecek laporan bulanan secara keseluruhan terkait siklus pengeluaran sewaktu-waktu diperlukan pada sistem. Dari hasil analisis kelayakan dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem informasi akuntansi pada siklus pengeluaran perusahaan dinyatakan layak untuk dirancang, hasil yang telah membuktikan bahwa opsi dari ekonomi, teknis, hukum, penjadwalan, dan operasional dapat memberikan keuntungan dan keefektifan bagi perusahaan yang akan merancang sistem tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Alasan Strategis, Prototyping, Sistem Baru, Siklus Pengeluaran, Analisis Kelayakan
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:46
Last Modified: 27 Mar 2019 02:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17759

Actions (login required)

View Item View Item