PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL DAN INDEPENDENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN (STUDI EMPIRIS PADA KAP DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA)

Sugito, Florencia Rachel (2018) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL DAN INDEPENDENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN (STUDI EMPIRIS PADA KAP DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20537.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan mendeteksi kecurangan adalah keterampilan atau keahlian auditor untuk menemukan indikasi penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skeptisisme profesional dan independensi terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta. Jumlah auditor yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah 67 responden dari 11 KAP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel yang dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Pengukuran data kuesioner menggunakan skala Likert 5 poin. Selanjutnya, pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan uji regresi berganda melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skeptisisme profesional dinilai tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Akan tetapi, independensi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: skeptisisme profesional, independensi, kemampuan auditor mendeteksi kecurangan.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:48
Last Modified: 27 Mar 2019 02:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17760

Actions (login required)

View Item View Item