CADANGAN KERUGIAN PIUTANG SEBAGAI ALAT UNTUK MELAKUKAN MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013–2017

Judoprajitno, Victoria Husodo (2018) CADANGAN KERUGIAN PIUTANG SEBAGAI ALAT UNTUK MELAKUKAN MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013–2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20950.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah cadangan kerugian piutang digunakan sebagai alat untuk melakukan manajemen laba. Perusahaan yang menghindari kerugian yaitu laba yang negatif dan mempertahankan laba pada tahun sebelumnya apabila laba pada tahun sebelumnya memiliki nilai positif yang lebih tinggi dibandingkan dengan laba vernilai positif pada tahun berjalan cenderung akan mengelola beban kerugian piutang menjadi lebih kecil. Cadangan kerugian piutang diukur dengan rumus beban kerugian piutang dibagi penjualan, sedangkan menghindari kerugian dan mempertahankan laba pada tahun sebelumnya menggunakan variabel dummy. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2017. Melalui kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh total 160 perusahaan. Hasil uji regresi yang dilakukan menghasilkan perusahaan yang menghindari kerugian cenderung akan mengelola beban kerugian piutang menjadi lebih kecil, sedangkan perusahaan yang mempertahankan laba pada tahun sebelumnya tidak melakukan manajemen laba dengan cara mengelola beban kerugian piutang menjadi lebih kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen laba, cadangan kerugian piutang, beban kerugian piutang.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:55
Last Modified: 27 Mar 2019 02:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17763

Actions (login required)

View Item View Item