KINERJA HUMAS PEMERINTAH PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN GUNUNG KIDUL

PRAMETISIWI, ATHARIQA ANNURINDYAH (2018) KINERJA HUMAS PEMERINTAH PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04932.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pada penelitian ini peneliti mengambil judul mengenai Kinerja Humas Pemerintah Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja Humas di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul. Penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini adalah teknik wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti dengan mendekati narasumber terkait. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul dipilih sebagai objek penelitian karena badan publik ini baru terbentuk (menjadi dinas tersendiri) pada 29 November 2016 Peneliti menggunakan teori humas pemerintah dari Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah, John D. Millett dan Cutlip, Center, dan Broom. Hasil dan analisis penelitian menunjukkan bahwa kinerja Humas Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Humas Pemerintah dinilai baik karena Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul sudah melaksanakan dan memenuhi empat dari tujuh kriteria yang meliputi; (1) Memupuk dukungan warga negara terhadap kebijakan dan program yang dibuat, (2) Menampung dan mengolah aspirasi masyarakat, (3) Memberikan penerangan dan informasi mengenai upaya yang telah dilakukan pemerintah dan mensosialisasikan kebijakan dan program pemerintah dan (4) Meningkatkan koordinasi dalam penyebarluasan informasi tentang kebijakan pemerintah sedangkan terdapat tiga poin yang masih perlu ditingkatkan yaitu (1) Membangun citra dan reputasi positif pemerintah, (2) Memberikan nasihat atau sumbang saran kepada instansi pemerintah sesuai kemauan publik dan (3) Menjalin hubungan memuaskan antara publik dengan aparat pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Humas Pemerintah, Dinas Komunikasi dan Informatika Gunung Kidul.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:35
Last Modified: 29 Mar 2019 01:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17852

Actions (login required)

View Item View Item