OPTIMALISASI DESAIN SETTING PARAMETER PERMESINAN PADA PEMBUATAN ALAT PERAGA MOLD

LAKSANA, CHRISTOPHORUS WISNU WENDRA (2018) OPTIMALISASI DESAIN SETTING PARAMETER PERMESINAN PADA PEMBUATAN ALAT PERAGA MOLD. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI09110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses permesinan di mesin perkakas membutuhkan beberapa parameter seperti kedalaman pemakanan, cutting speed (ditentukan berdasarkan jenis alat potong dan material benda kerja), kecepatan feeding, kecepatan putaran spindle (ditentukan berdasarkan diameter alat potong untuk permesinan di mesin milling dan diameter benda kerja untuk permesinan di mesin bubut), dan jenis cairan pendingin. Parameter permesinan tersebut dapat mempengaruhi waktu pengerjaan benda kerja, hasil kehalusan permukaan, dan dimensi benda kerja sehingga operator yang menjalankan mesin perkakas harus menyusun kombinasi parameter permesinan yang tepat agar waktu pengerjaan benda kerja dapat efektif dan efisien, kehalusan permukaan dapat sesuai dengan fungsi dari benda kerja, dan dimensi benda kerja dapat masuk toleransi yang tertera pada gambar kerja. Pemilihan parameter terkait menyesuaikan jenis material benda kerja yang dikerjakan, jenis mesin yang dipakai, alat potong yang digunakan, dan ketentuan dimensi dari gambar kerja. Pada penelitian ini, peneliti akan mendesain beberapa setting parameter yang digunakan dalam permesinan yakni kedalaman pemakanan, kecepatan putaran spindle, dan kecepatan feeding. Ketiga parameter ini digunakan karena jenis alat potong, material benda kerja, jenis cairan pendingin telah tersedia di Laboratorium Teknologi Manufaktur. Pemilihan setting parameter yang memungkinkan untuk mesin yang terdapat di Laboratorium Teknologi Manufaktur dapat dilakukan berdasarkan pengalaman dalam bidang permesinan dan percobaan langsung. Data hasil percobaan yang telah dilakukan oleh peneliti akan dianalisis menggunakan teori design of experiment dengan metode Factorial Design. Berdasarkan analisis data hasil percobaan yang telah dilakukan dapat ditentukan setting parameter untuk permesinan di mesin bubut menggunakan material S45C dan alat potong pahat ISO 2 dan ISO 6 (tip carbide) spindle berputar pada kecepatan 950 rpm dengan kecepatan feeding 0,11 mm/rotasi pada kedalaman pemakanan 2 mm untuk arah pemakanan memanjang dan 1 mm untuk arah pemakanan melintang. Sedangkan untuk permesinan di mesin milling menggunakan alat potong HSS end mill cutter finishing dan material yang digunakan Necuron 651 kedalaman pemakanannya 3 mm pada kecepatan putaran spindle bebas (antara 1115 atau 1750) dengan menggunakan feeding manual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Optimisasi, Parameter Permesinan, Factorial Design, Mesin Bubut Konvensional, Mesin Milling Konvensional
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:37
Last Modified: 01 Apr 2019 01:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17878

Actions (login required)

View Item View Item