ANALISIS RELEVANSI NILAI SEBELUM DAN SESUDAH ADOPSI IFRS PADA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2016)

Leonitha, Putu Detha Fracicilia (2018) ANALISIS RELEVANSI NILAI SEBELUM DAN SESUDAH ADOPSI IFRS PADA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20496.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relevansi nilai Akuntansi Setelah Adopsi IFRS. Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan relevansi nilai instrument keuangan pada periode sebelum dan sesudah adopsi IFRS. IFRS adalah standar akuntansi keuangan internasional yang menggunakan fair value dalam menyusun laporan keuangan. Penggunaan fair value lebih mencerminkan nilai pada saat laporan keuangan disusun sehingga IFRS dapat meningkatkan relevansi nilai informasi akuntansi. Relevansi nilai keuangan diukur dengan proksi melihat perubahan pada R2 antara return/harga saham dengan nilai buku per lembar saham dan laba perlembar saham sebelum dan sesudah adopsi IFRS. Populasi penelitian ini diambil dari perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode tahun 2010-2016 dengan dengan sampel 27 perusahaan perbankan di BEI. Teknik pengujian penelitian ini menggunakan uji beda. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan metode regresi linear multipel, menunjukan bahwa relevansi nilai sebelum adopsi IFRS lebih relevan, karena nilai R square pada sesudah adopsi IFRS sebesar 0.267 dan sebelum adopsi IFRS sebesar 0.023.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IFRS,relevansi nilai, instrument keuangan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:20
Last Modified: 01 Apr 2019 03:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17886

Actions (login required)

View Item View Item