PENGARUH IMPLEMENTASI AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DIY DAN SUKOHARJO

Ayuningtyas, Vista (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DIY DAN SUKOHARJO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21294.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi akuntansi manajemen lingkungan terhadap kinerja lingkungan pada perusahaan manufaktur di DIY dan Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 perusahaan manufaktur di DIY dan Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah empiris yang dilakukan melalui survei dengan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan model pengujian regresi sederhana. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian statistik dapat diambil kesimpulan bahwa akuntansi manajemen lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja lingkungan. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari α (5%) sehingga hipotesis diterima. Pengaruh akuntansi manajemen lingkungan terhadap kinerja lingkungan adalah sebesar 34,8%. Hal ini berarti bahwa 34,8% perubahan kinerja lingkungan disebabkan oleh penerapan akuntansi manajemen lingkungan. Sisanya 65,2% perubahan kinerja lingkungan disebabkan oleh faktor lainnya. Model persamaan regresi adalah Y = -0,823 + 0,048X+e, yang berarti bahwa jika tidak ada variabel akuntansi manajemen lingkunan maka variabel kinerja lingkungan akan berkurang sebesar 0,823 atau 82,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Manajemen Lingkungan, Kinerja Lingkungan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:34
Last Modified: 01 Apr 2019 03:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17894

Actions (login required)

View Item View Item