EKSISTENSI JURNALIS FOTO PEREMPUAN DI TEMPO (Studi Kasus Terhadap Eksistensi Jurnalis Foto Perempuan di Tempo Periode 1984-2014)

Amalia, Yovita (2018) EKSISTENSI JURNALIS FOTO PEREMPUAN DI TEMPO (Studi Kasus Terhadap Eksistensi Jurnalis Foto Perempuan di Tempo Periode 1984-2014). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05268.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi jurnalis foto perempuan yang bekerja di Tempo periode 1984 hingga 2014. Hal ini diawali dengan tidak banyaknya jurnalis foto perempuan yang bekerja di media menjadikan munculnya berbagai pertanyaan, termasuk dalam hal gender. Isu perempuan dianggap hanya dapat melakukan peliputan di bidang soft news pun semakin memperlihatkan bahwa perempuan tidak dapat melakukan liputan sama seperti laki-laki. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teori Eksistensi dan Teori Sikap (Standpoint Theory). Pengumpulan data dilakukan dengan riset dokumentasi terhadap keberadaan jurnalis foto perempuan di Tempo disertai dengan wawancara terhadap empat jurnalis perempuan yang pernah bekerja di Tempo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa eksistensi jurnalis foto perempuan di Tempo menunjukan bahwa gender bukan menjadi permasalahan dalam liputan, perempuan dapat melakukan segala hal yang dilakukan oleh laki-laki dikarenakanTempo merupakan media yang egaliter. Tempo telah memenuhi eksistensi jurnalis foto perempuan dengan memberikan kebebasan ekspresi serta tanggung jawab dalam melakukan profesi mereka. Kebebasan ekspresi yang diberikan oleh Tempo membentuk style foto yang dimiliki oleh masing-masing jurnalis berbeda. Hal ini menjadikan tanggung jawab penugasan yang diberikan pun berbeda. Namun, eksistensi jurnalis foto perempuan ini berkurang bukan dikarenakan adanya tindak ketidakadilan yang dilakukan oleh Tempo dalam bentuk pemotongan gaji, pemutusan hubungan kerja sepihak, serta dunia jurnalistik yang sudah tidak menjanjikan. Fenomena perempuan bekerja dalam bidang laki-laki masih menjadi perbincangan dalam masyarakat, seperti menjadi jurnalis foto. Namun, Tempo sebagai kantor berita nasional menangkas isu gender yang menerpa perempuan sebagai jurnalis foto. Hal ini dilihat dari para jurnalis foto perempuan yang bekerja di Tempo mengakui bahwa Tempo merupakan media yang egaliter. Para jurnalis foto perempuan ini menunjukan bahwa gender bukan permasalahan yang membuat sedikitnya jurnalis foto perempuan yang bekerja di media. Tulisan ini menggambarkan eksistensi para jurnalis foto perempuan yang bekerja di Tempo dengan melihat melalui pengalaman kebebasan, tanggung jawab, dan sikap yang dimiliki. Tulisan ini juga menggambarkan bahwa eksistensi jurnalis foto perempuan di Tempo menggambarkan adanya kebebasan ekspresi, tanggung jawab liputan, hingga ketidakadilan selama menjadi jurnalis foto.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jurnalis Foto Perempuan, Eksistensi, Sikap
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Apr 2019 05:38
Last Modified: 01 Apr 2019 05:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item View Item