FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 - 2017)

Vandalia, Helena Puspita (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 - 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20414.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembatasan tenure (masa perikatan audit) merupakan usaha untuk mencegah auditor terlalu dekat berinteraksi dengan klien sehingga menggangu independensi auditor. Salah satu anjuran adalah ketentuan pergantian KAP dan auditor secara wajib (mandatory) yang dilandasi peraturan. Pemberian jasa audit umum atas laporan keuangan dari suatu entitas dapat dilakukan oleh KAP paling lama untuk 6 (lima) tahun buku berturut-turut dan oleh seorang Akuntan Publik paling lama untuk 3 (tiga) tahun buku berturut-turut. Namun pada tahun 2015 dikerluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 bahwa tidak ada pembatasan pemberian jasa audit oleh KAP. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh afiliasi KAP, opini audit, return on assets dan leverage terhadap pergantian Kantor Akuntan Publik. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2017. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa afiliasi Kantor Akuntan Publik, opini audit dan leverage tidak berpengaruh terhadap pergantian Kantor Akuntan Publik. Return on assets berpengaruh negatif terhadap pergantian Kantor Akuntan Publik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Afiliasi KAP, Opini audit, Return on Aseets, Leverage, Pergantian Kantor Akuntan Publik
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:00
Last Modified: 02 Apr 2019 02:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17944

Actions (login required)

View Item View Item