PENGARUH MODEL ALTMAN Z-SCORE MODIFIKASI, MODEL SPRINGATE, DAN MODEL ZMIJEWSKI TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017)

SAMARIA, LASNY (2018) PENGARUH MODEL ALTMAN Z-SCORE MODIFIKASI, MODEL SPRINGATE, DAN MODEL ZMIJEWSKI TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA19796.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada umumnya suatu perusahaan didirikan dengan tujuan menghasilkan laba dan mampu menjalankan usaha yang berkelanjutan (going concern). Berdasarkan asumsi going concern, suatu entitas dipandang bertahan dalam bisnis untuk masa mendatang jika entitas mampu bertanggung jawab dalam audit atas laporan keuangan dan penilaian manajemen mengenai usahanya sebagai usaha berkesinambungan (Standar Audit berbasis ISA 570). Masalah yang sering dihadapi dalam suatu perusahaan dalam menjalankan usaha yang berkelanjutan dapat berupa niatan melikuidasi entitas itu, berhenti beroperasi, atau meminta perlindungan dari kreditur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memeroleh bukti empiris apakah model-model prediksi kebangkrutan berpengaruh terhadap opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 hingga tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model prediksi kebangkrutan berpengaruh terhadap opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Opini audit going concern, Model Altman Z-Score Modifikasi, Model Springate, dan Model Zmijewski.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:51
Last Modified: 02 Apr 2019 04:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item