PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS PERSONAL GENERASI MUDA MUSLIM INDONESIA MELALUI FESYEN MUSLIM PADA HIJABERS COMMUNITY

SAPUTRO, ALBERTUS GILANG (2018) PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS PERSONAL GENERASI MUDA MUSLIM INDONESIA MELALUI FESYEN MUSLIM PADA HIJABERS COMMUNITY. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan Muslim diikuti oleh pertumbuhan Generasi Muda Muslim. Generasi Muda Muslim merupakan kelompok yang tidak diukur melalui usia melainkan melalui sikap. Mereka terus menunjukkan dan mengekspresikan identitas mereka sebagai seorang muslim dan Generasi Muda Muslim saat ini yang lebih modern kepada publik. Di Indonesia kelompok Generasi Muda Muslim bisa ditemui dalam diri komunitas Hijabers Community. Komunitas hijabers tersebut tumbuh sebagai kelompok muslim yang berekspresi melalui fesyen muslim yang lebih modern. Hal ini yang lalu membentuk identitas personal mereka. Identitas merupakan definisi yang diberikan secara sosial, dijaga secara sosial dan ditransformasikan secara sosial pula. Adapun sebagai hasil identitas personal komunitas Hijabers Community sebagai Generasi Muda Muslim modern yang bisa dilihat saat ini, mereka tentu melewati proses yang bertahap atau bersifat kontinuitas untuk mencapai identitas personal mereka saat ini. Adapun tujuan yang ingin didapatkan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk menggali proses pembentukan identitas personal Generasi Muda Muslim Indonesia melalui fesyen muslim pada komunitas Hijabers Community. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif metode wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anggota hijabers community padang, Hijabers Palembang, dan Hijabers Makassar. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah proses pembentukan identitas personal Generasi Muda Muslim pada Hijabers Community bersifat kontinuitas di mulai dari masa lalu, sekarang, dan nantinya. Fase-fase yang dilalui oleh Generasi Muda Muslim memiliki karakter fesyen muslim yang berbeda setiap fasenya. Penggunaan fesyen awal ini mengawali proses pembentukan identitas personal komunitas Hijabers Community sebagai Generasi Muda Muslim pada fase tahun 2018 dan fase yang akan datang nantinya. Berdasarkan temuan lainnya dilapangan, keempat Generasi Muda Muslim telah melewati krisis dan telah menemukan identitas dirinya (komitmen) yang sesuai dengan harapannya. Sisanya, terdapat seorang Generasi Muda Muslim sudah menemukan identitas dirinya, namun belum pernah mengalami krisis. Temuan lainnya adalah fesyen muslim dijadikan sebagai unsur pesan Generasi Muda Muslim lain dalam komunikasi sehari-hari. Sebagaimana dalam analisis melalui teori interaksi simbolik, fesyen muslim bermakna baik dan positif di masyarakat yakni islami dan fashionable.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembentukan identitas, identitas diri, fesyen muslim, hijabers community
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:31
Last Modified: 04 Apr 2019 01:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17999

Actions (login required)

View Item View Item