PENGARUH PENERAPAN NILAI WAJAR TERHADAP VOLATILITAS LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2016

Permatasari, Sinta Devi (2018) PENGARUH PENERAPAN NILAI WAJAR TERHADAP VOLATILITAS LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Sinta Devi Permatasari)
EA21701.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan nilai wajar terhadap volatilitas laba. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan-perusahaan pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012 sampai 2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Hasil dari pemilihan sampel yang sesuai kriteria adalah 19 bank dengan waktu observasi 5 tahun. Periode 5 tahun dipilih untuk mendukung pengukuran nilai wajar yang diproksikan menggunakan Smoothness Unrealized Gain or Losses. Data penelitian yang digunakan berasal dari laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode 2012 sampai 2016. Model regresi berganda merupakan model analisis yang digunakan untuk menguji beberapa variabel yang diduga mempengaruhi volatilitas laba, yaitu nilai wajar sebagai variabel independen, serta return on asset (ROA) sebagai variabel kontrol untuk mengontrol pengaruh nilai wajar terhadap volatilitas laba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai wajar berpengaruh positif signifikan terhadap volatilitas laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Wajar, Volatilitas Laba, Return on Asset (ROA)
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:25
Last Modified: 04 Apr 2019 03:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item