PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK, COUNTRY OF ORIGIN DAN ETHNOCENTRISM TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Pada Produk Kosmetik Merek Etude House)

Kartika, Stevita Selviana (2018) PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK, COUNTRY OF ORIGIN DAN ETHNOCENTRISM TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Pada Produk Kosmetik Merek Etude House). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21298.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Niat penbelian konsumen yang tinggi pada produk atau jasa perusahaan merupakan salah satu indikator bahwa produk atau merek perusahaan memiliki keunggulan yang dapat diandalkan dan menjadi pilihan konsumen. Untuk semakin meningkatkan niat pembelian, perusahaan dapat memberikan stimuli melalui peran persepsi negara asal (country of origin), pengetahuan tentang produk (product knowledge) mapun sikap etnosentrisme (ethnocentrism). Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh: 1) Etnosentrisme (ethnocentrism) terhadap persepsi negara asal (country of origin). 2) Pengaruh negatif etnosentrisme (ethnocentrism) terhadap niat pembelian (purchase intention). 3) Pengaruh pengetahuan tentang produk (product knowledge) terhadap persepsi negara asal (country of origin). 4) Pengaruh pengetahuan tentang produk (product knowledge) terhadap niat pembelian (purchase intention). 5) Pengaruh etnosentrisme (ethnocentrism) terhadap pengetahuan tentang produk (product knowledge). 6) Pengaruh persepsi negara asal (country of origin) terhadap niat pembelian (purchase intention). Penelitian mengambil obyek produk kosmetik merek Etude House. Subyek penelitian ini adalah 200 WNI yang memiliki ketertarikan pada produk-produk kosmetik. Metode analisis daya yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analsisi regresi linier berganda. Temuan hasil penelitian ini adalah: 1) Etnosentris memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap pengetahuan tentang produk. 2) Etnosentris memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap country of origin. 3) Pengetahuan tentang produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap country of origin. 4) Etnosentris memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada produk kosmetik merek Etude House. 5) Pengetahuan tentang produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada produk kosmetik merek Etude House. 6) Pengetahuan tentang produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada produk kosmetik merek Etude House.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: etnosentrisme, persepsi negara asal, pengetahuan tentang produk, dan niat pembelian
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2019 05:44
Last Modified: 04 Apr 2019 05:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18045

Actions (login required)

View Item View Item