PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, DER, DAN OPINI GOING CONCERN TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017

Sentika, Anastasia Intan (2018) PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, DER, DAN OPINI GOING CONCERN TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20914.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Suatu perusahaan dapat melakukan auditor switching karena adanya benturan kepentingan antara perusahaan (klien) dengan kepentingan KAP, atau kepentingan salah satu pihak tidak terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompleksitas perusahaan, DER dan opini going concern tahun sebelumnya terhadap auditor switching. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013 – 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sampel sebanyak 83 perusahaan dan dengan periode pengamatan 5 tahun sehingga diperoleh jumlah total pengamatan sebanyak 405. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini going concern tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap auditor switching, sedangkan kompleksitas perusahaan dan DER tidak berpengaruh terhadap auditor switching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Auditor switching, kompleksitas perusahaan, DER, OGC
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:45
Last Modified: 05 Apr 2019 01:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item