PENGARUH JUMLAH DEWAN DIREKSI, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016)

Wijaya, Martha Oktawina (2018) PENGARUH JUMLAH DEWAN DIREKSI, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20991.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penerapan good corporate governance yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, membuat investor memberikan respon positif terhadap kinerja perusahaan, bahwa dana yang diinvestasikan dalam perusahaan yang bersangkutan akan dikelola dengan baik. Apabila di dalam perusahaan dikelola tidak baik oleh manajemen maupun pihak yang terlibat maka perusahaan akan mengalami masalah keuangan dan investor tidak akan percaya lagi untuk menanamkan sahamnya. Dengan demikian penerapan good corporate governance dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kesulitan keuangan (financial distress). Banyak pihak yang melaporkan bahwa penerapan good corporate governance di Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil survey ACGA (Asian Corporate Governance Association), Indonesia menempati urutan terakhir sebagai negara terburuk di bidang corporate governance. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah dewan direksi, proporsi komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap financial distress. Penelitian dilakukan pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah dewan direksi berpengaruh negatif terhadap financial distress, proporsi komisaris independen tidak berpengaruh terhadap financial distress, kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap financial distress dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jumlah dewan direksi, Proporsi komisaris independen, Kepemilikan institusional, Kepemilikan manajerial, Financial distress
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:49
Last Modified: 05 Apr 2019 01:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18060

Actions (login required)

View Item View Item