LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GEDUNG OLAHRAGA (GOR) SEBAGAI RUANG PUBLIK REKREATIF DI WATES, KULON PROGO

YUDA, AYADA ANDITA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GEDUNG OLAHRAGA (GOR) SEBAGAI RUANG PUBLIK REKREATIF DI WATES, KULON PROGO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15322.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Nilai olahraga saat ini berkembang menjadi kebutuhan pokok setiap individu masyarakat. Melalui olahraga, pelaku olahraga akan mendapatkan manfaat yang besar, mulai dari kesehatan fisik hingga psikis. Berkembangnya nilai olahraga saat ini, tidak diimbangi dengan fasilitas sarana prasarana yang memadai. Inilah problema yang sedang dihadapi oleh masyarakat Kulon Progo. Kulon Progo tidak memiliki sarana pra sarana untuk melangsungkan kegiatan olahraga yang memadai. Tercatat Kulon Progo sampai dengan saat ini hanya menyediakan satu bangunan Gedung Olahraga (GOR) di Wates. Kondisi GOR Wates saat ini diakui masih jauh dari standar dan syarat sebuah bangunan dikatakan menaungi fungsi kegiatan olahraga yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Standar Tata Cara Perencanaan Teknik Bangunan Gedung Olahraga (SNI 03-3467-1994). Adanya perancanan GOR Wates, Kulon Progo yang baru diharapkan nantinya masyarakat Wates, Kulon Progo dan sekitarnya dapat melakukan kegiatan olahraga dengan sebaik mungkin. Metode penulisan yang dilakukan dengan observasi objek studi, melakukan wawancara dengan pihak terkait, melakukan studi literatur dan kemudian melakukan analisa untuk menemukan rancangan GOR Wates yang tepat. Hasil rancangan GOR Wates diharapkan dapat menjadi ruang publik bagi masyarakat yang rekreatif dan mampu menampilkan citra dan karakter dari kegiatan olahraga itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Olahraga, Ruang Publik, Rekreatif, Citra dan Karakter Olahraga
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:22
Last Modified: 05 Apr 2019 04:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item