ANALISIS FAKTOR SITUASIONAL DAN FAKTOR PERSONAL DALAM MEMPENGARUHI DINAMIKA KELOMPOK DI KOMISI ANAK GKI SANGKRAH SOLO

KUMALA, LAVINIA FEBIYANI (2018) ANALISIS FAKTOR SITUASIONAL DAN FAKTOR PERSONAL DALAM MEMPENGARUHI DINAMIKA KELOMPOK DI KOMISI ANAK GKI SANGKRAH SOLO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05332.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada faktor situasional dan faktor personal yang dianalisis dalam dinamika kelompok yang terjadi di Komisi Anak GKI Sangkrah Solo. Peneliti menggunakan ketua Komisi Anak dan beberapa anggota sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakanstudi kasus. Komisi Anak merupakan kelompok sosial yang menggunakan dua cara dalam utama dalam melakukan komunikasi, yaitu dengan tatap muka dan dengan media grup WhatsApp. Media WhatsApp mempermudah kelompok dalam melakukan komunikasi pada seluruh anggota yang heterogen dengan lokasi yang berbeda. Komunikasi yang terjadi membuat kelompok terbagi menjadi dua, yaitu anggota yang aktif dan pasif. Anggota yang pasif didorong untuk lebih aktif dalam berinteraksi di kelompok. Peneliti menggunakan analisis dengan tiga metode pencarian data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketiga metode ini digunakan untuk mengamati seluruh interaksi dan komunikasi yang terjadi di Komisi Anak selama sebulan. Dari penelitian ini, diketahui bahwa klasifikasi kelompok Komisi Anak dominasinya pada kelompok primer dan kelompok in-group, sedangkan permasalahan pada Komisi Anak terutama mengenai keaktifan anggota kelompok dipengaruhi oleh faktor situasional dan faktor personal yang dianalisis peneliti. Pada akhirnya, peneliti menemukan bahwa kelompok memiliki permasalahan terutama pada keaktifan anggotanya yang berawal dari kesulitan komunikasi dan dominasi dari anggota tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor Situasional, Faktor Personal, Komunikasi Kelompok, Klasifikasi Kelompok, Komisi Anak, GKI Sangkrah Solo
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:10
Last Modified: 05 Apr 2019 06:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item View Item