PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA AUDITOR DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK YOGYAKARTA, SOLO DAN SEMARANG

Marbun, Tiurmida Florentina (2019) PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA AUDITOR DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK YOGYAKARTA, SOLO DAN SEMARANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21748.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh independensi auditor dan profesionalisme terhadap kinerja auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Dari 97 kuesioner yang disebarkan, kuesioner yang kembali sebanyak 83 kuesioner dan yang terisi dengan benar sebanyak 83 kuesioner. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan komputer program IBM SPSS 21 for Windows yang terdiri dari lima bagian, bagian pertama adalah statistik deskriptif. Bagian kedua adalah pengujian instrumen, yaitu uji validitas dan reliabilitas. Bagian ketiga adalah uji normalitas. Bagian keempat adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Bagian kelima adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor dengan arah pengaruh positif. Auditor yang menjaga independensinya tidak akan terpengaruh oleh pihak lain dalam melakukan suatu pemeriksaan sehingga akan mempengaruhi tingkat kinerjanya. Profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor dengan arah pengaruh positif. Ini berarti bahwa seorang auditor yang profesional dapat dipercaya dan diandalkan dalam melaksanakan pekerjaannya maka akan meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Independensi auditor, Profesionalisme, Kinerja Auditor.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:55
Last Modified: 10 Apr 2019 02:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18202

Actions (login required)

View Item View Item