STRATEGI SOSIALISASI NILAI ORGANISASI DI PERUSAHAAN ASURANSI ASTRA Kasus pada Nilai Organisasi ‘Fun’

SANTOSO, KEZIA ESTHERINA (2019) STRATEGI SOSIALISASI NILAI ORGANISASI DI PERUSAHAAN ASURANSI ASTRA Kasus pada Nilai Organisasi ‘Fun’. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05249.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Setiap Organisasi penting untuk memiliki nilai organisasi. Nilai organisasi merupakan hal yang membedakan satu organisasi dengan organisasi lainnya. Agar nilai organisasi dapat diterima di seluruh internal organisasi maka diperlukan adanya sosialisasi. Sosialisasi dalam organisasi merupakan sebuah proses komunikasi internal organisasi yang merupakan pengembangan arus komunikasi di dalam perusahaan mengenai budaya perusahaan kepada karyawan. Dalam menyosialisasikan nilai organisasi, maka dibutuhkan adanya strategi untuk menyampaikan nilai organisasi kepada karyawan agar karyawan dapat mengerti dan memahami nilai organisasi dan menjadi pedoman karyawan dalam bertingkah laku. Penelitian ini memiliki tujuan untuk nmengetahui strategi sosialisasi nilai organisasi yang dimiliki oleh Asuransi Astra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan triangulasi data. Melalui triangulasi data peneliti dapat mencocokkan hasil wawancara dengan data lain seperti dokumentasi yang dimiliki oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sosialisasi nilai organisasi yang dimiliki oleh Asuransi Astra berupa program-program activation yang dijalankan dengan memperlihatkan nilai organisasi fun agar karyawan dapat secara langsung merasakan nilai fun tersebut. Program-program activation ini juga dilakukan secara rutin setiap tahunnya agar karyawan dapat selalu mengingat kembali nilai organisasi fun yang menjadi ciri khas dari organisasi. Nilai Organisasi yang paling dominan adalah nilai organisasi fun terlihat dari keseharian karyawan di dalam organisasi juga pengimplementasian nilai organisasi fun dalam program activation. Strategi yang dimiliki oleh Asuransi Astra adalah strategy as a pattern. Strategi sosialisasi nilai organisasi di Asuransi Astra adalah melalui program-program yang rutin dilakukan setiap tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Organisasi, Sosialisasi, Strategi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:52
Last Modified: 10 Apr 2019 03:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18212

Actions (login required)

View Item View Item