HARTONO, HENRI SURYA (2019) PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA AKTIVITAS HUBUNGAN KARYAWAN DI HOTEL @HOM PLATINUM YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05260.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus Peran seorang Public Relations dalam mengelola Hubungan Karyawan di Hotel @HOM Platinum Yogyakarta Didalam manajemen Public Relations mendengarkan merupakan ketrampilan untuk memahami perasaan maupun fakta yang kemudian diinterprestasikan menjadi sebuah arti yang dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan(Poerwanto, 2008: 100). Peran Public Relations didalam sebuah perusahaan dibagi menjadi empat bagian kategori utama yang mendeskripsikan sebagian besar praktik mereka, menurut Cutlip et all (2011:46-48) sebagai Teknisi Komunikasi (Communication Technician), Fasilitator Komunikasi (Communication Fascilitator), Pakar/penasehat ahli (Expert Prescriber) dan fasilitator pemecah masalah (Problem solving fascilitator). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Peran Public Relations dalam mengelola hubungan karyawan pada @HOM Platinum Hotel Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengambil data dari 3 narasumber dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara tatap muka berdasarkan interview guide. Pada penelitian ini, Peneliti menggunakan teknik analsis data induktif dengan tiga tahap mereduksi,data lalu mendisplay dan melakukakan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa 4 peran yang dilakukan oleh Public Relation di Hotel @HOM Yogyakarta dalam hubungan karyawan, peneliti menemukan peran yang dilakukan oleh Public Relations Hotel @HOM Platinum Yogyakarta lebih mengarah pada 3 peran sebagai Teknisi Komunikasi, Fasilitator Komunikasi dan fasilitator pemecah masalah. Dapat dikatakan sebagai peran Teknisi Komunikasi karena Public Relations Hotel @HOM Platinum Yogyakarta melakukan aktivitas hubungan karyawan yang mengarah kepada event serta mempublikasi dan memperkenalkan setiap karyawan baru pada acara internal. Peran Public Relations disini juga dapat dikatakan sebagai peran fasilitator komunikasi karena Public Relations juga menjaga dan menjadi penghubung komunikasi antara karyawan dengan manajemen, oleh karena itu setiap karyawan yang ingin menyampaikan setiap pandangannya terhadap manajemen dapat melalui Public Relations. Kemudian Peran Public Relations dapat dikatakan sebagai Fasilitator Pemecah Masalah yang ada di hotel @HOM Platinum Yogyakarta karena peran yang dilakukan dalam menyikapi permasalahan dalam hubungan karyawan, Public Relations dapat mengambil keputusan dan memberikan solusi yang terbaik agar tercapainya hubungan karyawan yang baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Public Relations, Hubungan Karyawan, Hotel |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 03:55 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18213 |
Actions (login required)
View Item |