PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN KLATEN

Noviantika, Wiwin (2019) PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen, yaitu perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan.pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja, serta menggunakan satu variabel dependen yaitu akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Alasan dipilihnya Kabupaten Klaten sebagai objek penelitian adalah tahun 2016-2017 BPK memberikan Opini Audit Wajar Dengan Pengecualian. Hal tersebut dikarenakan dikarenakan BPK menemukan adanya kelemahan pengendalian intern dalam penyusunan laporan keuangan. Selain itu, dipilihnya Kabupaten Klaten sebagai objek juga dikarenakan belum pernah dilakukan penelitian dengan judul yang sama pada daerah tersebut. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah para pejabat pengelola keuangan daerah lingkup Kabupaten Klaten, sedangkan yang tidak termasuk pejabat pengelola keuangan daerah menggunakan kriteria telah menduduki jabatan struktural tertentu minimal selama 2 (dua) tahun. Data dikumpulkan dari kuesioner yang disebarkan kepada 105 responden. Jumlah yang dapat digunakan untuk penelitian ini adalah 82 kuesioner sedangkan 23 kuesioner tidak dapat diolah lebih lanjut karena tidak dikembalikan, oleh.responden. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kabupaten klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Pelaporan/ Pertanggungjawaban Anggaran, Evaluasi Kinerja, Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Klaten.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:40
Last Modified: 10 Apr 2019 06:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18246

Actions (login required)

View Item View Item