ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM (Studi Kasus : Bus Borlindo Trayek Makassar - Palopo)

TANDIRERUNG, YUNITA (2019) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM (Studi Kasus : Bus Borlindo Trayek Makassar - Palopo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS16253.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Transportasi merupakan hal yang begitu penting dalam segala aspek kehidupan manusia seperti kebutuhan ekonomi, kebutuhan hidup manusia, pendidikan, dan lain sebagainya. Terutama pada saat ini yang mana kebutuhan manusia dan barang dalam berpindah tempat sangatlah penting untuk menunjang segala aspek kehidupan. Keberagaman moda transportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan, efektifitas, serta biaya yang dikeluarkan. Salah satunya adalah angkutan umum antar kota dalam provinsi yaitu Bus Borlindo trayek Makassar- Palopo. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar 50 kuisioner kepada responden dan penyebaran kuisioner dilakukan di Terminal Dayak dan loket perwakilan Bus Borlindo yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Uji validitas dan uji reabilitas menggunakan bantuan software SPSS versi 22. Pengolahan data dilanjutkan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis dan dijelaskan berdasarkan kuadran masing-masing. Tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja Bus Borlindo trayek Makassar-Palopo yang diperoleh dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang dianggap sudah sesuai dengan kepentingan penumpang seperti armada yang beroperasi merupakan kendaraan layak pakai dengan nilai tingkat kesesuaian 90,21%, tarif angkutan bus sesuai dengan fasilitas yang tersedia dengan nilai tingkat kesesuaian 86,81% pelayanan karyawan penjual tiket saat membeli tiket dengan nilai tingkat kesesuaian 86,32% dan fasilitas (AC, wifi, USB charger, TV, bantal, selimut dan lain sebagainya) berfungsi dengan baik dengan nilai tingkat kesesuaian 85,59%. Faktor yang dianggap belum sesuai dengan kepentingan penumpang seperti keamanan barang-barang penumpang selama perjalanan dengan nilai tingkat kesesuaian 84,23%, kenyamanan mobilitas penumpang di dalam bus dengan nilai tingkat kesesuaian 83,83%, kebersihan bus dengan nilai tingkat kesesuaian 83,82%, perilaku sopir dalam mengemudi angkutan umum dengan nilai tingkat kesesuaian 83,68%, pelayanan kondektur selama perjalanan dengan nilai tingkat kesesuaian 81,97%, kenyamanan penumpang terhadap pemberhentian bus atau rest area dengan nilai tingkat kesesuaian 81,28% dan kesesuaian waktu keberangkatan dan kedatangan dengan jadwal nilai tingkat kesesuaian 79,92%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, validitas, reliabilitas, Importance Performnace Analysis.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:46
Last Modified: 10 Apr 2019 06:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18247

Actions (login required)

View Item View Item