PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE SERTA KOMPENSASI DEWAN KOMISARIS DAN DIREKSI TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2017

Emiliyana, Monica Dina (2019) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE SERTA KOMPENSASI DEWAN KOMISARIS DAN DIREKSI TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20990.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh corporate governance serta kompensasi dewan komisaris dan direksi sebagai alat perusahaan untuk melakukan penghindaran pajak dan untuk meminimalisir jumlah pajak yang terjadi di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Penghindaran pajak sebagai variabel dependen diukur menggunakan GAAP ETR. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah dewan komisaris, persentase komisaris independen, komite audit, penerapan corporate governance, serta kompensasi dewan komisaris dan direksi. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, dan tingkat hutang perusahaan. Penelitian ini menggunakan data arsip sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2014–2017. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan sampel sebanyak 54 perusahaan dengan periode observasi 4 tahun sehingga total data yang diobservasi adalah sebesar 216 data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah dewan komisaris, persentase komisaris independen, penerapan corporate governance, serta kompensasi dewan komisaris dan direksi memiliki pengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. Namun komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak. Variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, dan tingkat hutang perusahaan memiliki peran terhadap model regresi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: corporate governance, penerapan corporate governance, kompensasi dewan komisaris dan direksi, penghindaran pajak, GAAP ETR.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:09
Last Modified: 11 Apr 2019 03:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18263

Actions (login required)

View Item View Item