PERANCANGAN PLANOGRAM BERDASARKAN MERCHANDISE HIERARCHY DAN CATEGORY MANAGEMENT PADA RITEL SANIE MART

DEPARI, MABIRONA (2019) PERANCANGAN PLANOGRAM BERDASARKAN MERCHANDISE HIERARCHY DAN CATEGORY MANAGEMENT PADA RITEL SANIE MART. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TF07907.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Sanie mart merupakan ritel yang menjual berbagai kebutuhan yang telah berdiri sejak tahun 1998. Masalah yang dialami ritel ini adalah terkait dengan kepuasan konsumen, yaitu konsumen kesulitan menemukan produk yang diinginkan. Hal ini terjadi karena kurangnya perencanaan dalam penataan atau penempatan produk rak. Berdasarkan hal tersebut, maka dibuat perencanaan dalam penataan atau penempatan produk pada rak dalam bentuk planogram. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang planogram berdasarkan category management dan merchandise hierarchy. Dimulai dengan proses category management, kemudian pembuatan hierarchy produk yang berdasarkan pada purchase hierarchy konsumen dalam memilih produk. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner, maka didapatkan bahwa purchase hierarchy setiap kategori produk berbeda-beda. Kategori makanan ringan minuman dalam kemasan, dan perlengkapan membuat makanan adalah merek, sementara kategori minuman instan, mi, bumbu instan adalah rasa, dan untuk kategori daily need adalah aroma.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ritel, Planogram, Category Management, Merchandise Hierarchy.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:29
Last Modified: 11 Apr 2019 04:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item View Item