ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA SIKLUS PERSEDIAAN OBAT (Studi Kasus di Bidang Logistik Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta)

Putranto, Blasius Sony Dwi (2019) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA SIKLUS PERSEDIAAN OBAT (Studi Kasus di Bidang Logistik Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21197.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pengendalian internal pada siklus persediaan obatdi bidang logistik Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta karena persediaan obat merupakan unsur yang sangat krusial dan menjadi pokok aktivitas perusahaan. Penelitian ini mendapat data dari sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh lewat wawancara kepada pihak terkait dan observasi langsung ke bidang logistik perusahaan. Sementara untuk data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen dan arsip-arsip yang dimiliki perusahaan seputar persediaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana sifatnya menguraikan, manggambarkan, serta membandingkan data dan keadaan bidang logistik Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta dengan teori yang sudah ada untuk menghasilkan sebuah kesimpulan. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji komponen dan uji kepatuhan. Uji komponen dilakukan dengan memahami dan menganalisis 5 komponen pengendalian internal perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan uji kepatuhan dengan menginspeksi pada dokumen-dokumen dengan metode attribute sampling dan model stop or go sampling. Kedua uji tersebut dilakukan untuk melihat apakah pengendalian internal perusahaan sudah efektif atau belum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal bidang logistik Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta bisa dikatakan cukup efektif. Kelima komponen pengendalian internal sudah dijalankan oleh perusahaan dengan baik dan hasil dari inspeksi dokumen juga sudah efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian internal, persediaan obat, pengujian pengendalian
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:07
Last Modified: 12 Apr 2019 03:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item View Item