PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF LINGKUNGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016)

Widagdyo, Tri (2019) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF LINGKUNGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20437.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pada pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam perspektif lingkungan terhadap Manajemen Laba. Variabel independen yang digunakan adalah Pengungkapan CSR yang berpedoman pada Global Reporting Initiative 3.1 (GRI 3.1). Variabel dependen yang digunakan adalah Manajemen Laba yang diukur dengan proksi discretionary accrual. Sedangkan pada variabel kontrol, penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Leverage dan Profitabilitas. Penelitian ini mengambil populasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2012-2016, adapun metode yang digunakan adalah purposive sampling. Total sampel yang didapat pada penelitian ini adalah 49 sampel perusahaan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam perspektif lingkungan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Manajeman Laba
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Apr 2019 05:46
Last Modified: 15 Apr 2019 05:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item View Item