PENGGUNAAN BAHASA KLAIM DALAM IKLAN TELEVISI

Chrisnugroho, Adityo (2011) PENGGUNAAN BAHASA KLAIM DALAM IKLAN TELEVISI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02716.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02716.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02716.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02716.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02716.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Bahasa klaim atau advertising claim adalah bahasa verbal atau tekstual yang digunakan oleh produsen dan agen untuk mengklaim superioritas produk yang diiklankan di atas produkproduk lainnya. Bahasa verbal dapat dipresentasikan dalam bentuk jingle, announcement, dan bentuk ekspresi bahasa verbal lainnya, sedang tekstual direpresentasikan dengan slogan, informasi produk, penutup iklan (closing), dan aspek-aspek isi pesan (content) iklan lainnya. Klaim iklan digunakan untuk menciptakan ilusi superioritas (illusion of superiority), yaitu dengan menggunakan bahasa yang sederhana seperti kata “lebih baik”, “terbaik”, “terdepan”, “termurah”, dan lain-lain.. Klaim juga dapat digunakan untuk memberikan informasi yang jelas tentang kualitas produk. Diharapkan melalui penelitian ini akan diperoleh tentang pemahaman penggambaran proses penggunaan bahasa klaim dalam menyerang produk kompetitor, mempertahankan citra dan positioning produk, dan atau menciptakan terobosan baru untuk keluar dari lingkaran persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ciri-ciri bahasa klaim tekstual dan verbal yang digunakan oleh iklan produk seluler Indosat M3 dan XL yang mengklaim sebagai produk operator paling murah yang ditayangkan di televisi dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor dan untuk mengkomparasikan ciri-ciri bahasa klaim pada iklan televise dari tiap produk tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif dimana didapatkan dengan cara pengkodingan yang dilakukan oleh peng-coder. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan demikian sampel dari penelitian ini adalah iklan televisi (TVC) produk operator seluler Indosat M3 dan XL yang tayang selama bulan Januari 2010 sampai dengan Maret 2010 yang berjumlah 6 TVC dimana terdapat 3 iklan dari Indosat M3 dan juga 3 iklan dari XL. Adapun peneliti mencoba untuk meneliti bahasa klaim yang digunakan oleh 3 versi iklan Indosat M3 dan 3 versi iklan XL berdasar aspek sinematografis, yaitu dari visual image, audio, dan tekstual. Peneliti ingin mengetahui bagaimana ciri-ciri bahasa klaim tekstual dan verbal yang ada pada iklan Indosat M3 dan XL yang hasilnya didapat melalui lembar coding sheet yang diisi oleh peng-coder. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat banyak persamaan ciri-ciri bahasa klaim teksual dan verbal antara iklan Indosat M3 dan XL periode Januari sampai dengan Maret 2010, seperti misalnya pada tekstual yang menunjukkan ciri dan kesan yang khas tentang produk dan memuat pernyataan tentang fakta dari produk, walaupun pada salah satu versi iklan XL pada bulan Februari terdapat perbedaan yaitu pada tekstual membandingkan dengan produk lain, kemudian pada ciri-ciri verbal antara iklan Indosat M3 dan XL juga terdapat banyak persamaan yaitu model yang menjelaskan tariff murah kepada konsumen, announcer yang menjelaskan tarif murah dan kelebihan produk, namun pada dua versi iklan dari XL terdapat perbedaan dengan iklan Indosat M3, dimana pada iklan XL terdapat percakapan tentang produk yang dilakukan oleh model. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi saran bagi para pembaca, antara lain : 1. Saran Praktis Variasi penggunaan bahasa klaim penting untuk dilakukan oleh pengiklan agar iklan yang ditayangkan tidak terlalu monoton dan seragam dengan dalam persaingan antar satu produk operator seluler dengan yang lain seperti yang terjadi pada iklan Indosat M3 dan XL. 2. Saran Akademis Peneliti berharap pada penelitian berikutnya untuk dapat lebih mengkaji ciri-ciri bahasa klaim tekstual dan verbal dari produk operator seluler yang lain, untuk melihat bagaimana upaya yang dilakukan melalui bahasa klaim yang dinyatakan untuk merebut pasar dalam persaingan antar operator seluler yang semakin ketat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Klaim, Aspek Sinematografis, Visual Image, Audio, Teks tertulis
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 May 2013 13:39
Last Modified: 28 May 2013 13:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item