ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP EFEKTIVITAS TINGKAT FASILITAS PADA SKY BRIDGE PENGHUBUNG Terminal Tirtonadi dan Stasiun Solo Balapan Surakarta

Sihombing, Denna Jojor (2019) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP EFEKTIVITAS TINGKAT FASILITAS PADA SKY BRIDGE PENGHUBUNG Terminal Tirtonadi dan Stasiun Solo Balapan Surakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS14445.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang diberikan di Sky Bridge masih kurang optimal dan memadai sehingga diperlukan adanya tingkat kepuasan penumpang. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan fasilitas di Sky Bridge baik dari pintu masuk melalui pintu masuk Terminal Tirtonadi maupun pintu masuk Stasiun Solo Balapan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 105 responden yaitu penumpang dari pintu masuk Terminal Tirtonadi maupun penumpang dari pintu masuk Stasiun Solo Balapan. Untuk mengetahui sudah valid atau reliabel maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dan reliabilitas pada Tugas Akhir ini menggunakan bantuan software SPSS versi 20. Penggunaan data selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode importance performance analysis dan dibahas berdasarkan kuadran masing-masing. Dari hasil analisis diketahui bahwa kinerja pelayanan fasilitas Sky Bridge yang dianggap sudah sesuai dengan kepentingan penumpang yaitu jalur evakuasi yang baik, adanya alat pemadam kebakaran, terdapat pos fasilitas kesehatan,pos fasilitas keamanan, terdapat petugas kesehatan dan pemeriksaan keamanan, adanya kamera pengawasan, terdapat fasilitas untuk mengetahui tarif, harga juga jadwal keberangkatan maupun jadwal kedatangan Kereta Api, terdapat kantor penyelenggara, ruang kendali dan sistem informasi Sky Bridge, terdapat ruang istirahat yang bersih, sejuk dan tidak berbau, tersedianya toilet, fasilitas dan petugas kebersihan, terdapat drainase air hujan, adanya lampu penerangan di sepanjang Sky Bridge, Jalur keberangkatan maupun jalur kedatangan yang tetap dan teratur, juga terdapat informasi angkutan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, validitas, reliabilitas, importance performance analysis.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2019 05:47
Last Modified: 23 Apr 2019 05:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18433

Actions (login required)

View Item View Item