PENINGKATAN KUAT LENTUR DAN GESER BALOK BETON HIGH VOLUME FLY ASH DENGAN PERUBAHAN UKURAN BUTIR MAKSIMUM AGREGAT KASAR

Lianasari, Angelina Eva (2019) PENINGKATAN KUAT LENTUR DAN GESER BALOK BETON HIGH VOLUME FLY ASH DENGAN PERUBAHAN UKURAN BUTIR MAKSIMUM AGREGAT KASAR. UAJY.

[img] Text
TS_Angelina Eva Lianasari_PENINGKATAN KUAT LENTUR DAN GESER BALOK BETON HIGH VOLUME FLY ASH DENGAN PERUBAHAN UKURAN BUTIR MAKSIMUM AGREGAT KASAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pemanasan global (Global warming) merupakan permasalahan pokok dari dampak negatif dari perkembangan ilmu dan teknologi. Salah satu aspek kontributor utamanya dalam bidang konstruksi adalah proses produksi Semen Portland (SP). Pembangunan gedung bertingkat tinggi atau High Rise Building memerlukan material yang berkualitas tinggi. Jika bahan yang digunakan adalah beton, maka diperlukan beton yang memiliki kinerja tinggi dan secara tidak langsung akan memerlukan jumlah semen yang banyak. Teknologi beton High Volume Fly Ash (HVFA) merupakan salah satu solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Beton HVFA merupakan jenis beton yang dibuat dengan menggunakan fly ash yang cukup tinggi yaitu lebih atau sama dengan 50% berat semen. Penggunaan fly ash dalam penelitian ini dimaksudkan sebagai bahan pengganti semen. Kecenderungan beton HVFA sifat mekanik lebih rendah dari beton biasa pada umur awal telah ditemukan solusinya dengan mengganti ukuran butir maksium agregat menjadi lebih kecil. Perencanaan penelitian dengan membandingkan balok beton HVFA dengan agregat berukuran butir maksimum 20 mm dan 4,75 mm, kuat tekan rencana (f’c) sebesar 25 MPa. Fly ash yang disubtitusikan sebesar 50% terhadap berat semen dan penggunaan superplasticizer sebanyak 0,4% berat semen. Ukuran benda uji untuk pengujian kapasitas lentur balok beton bertulang berdimensi penampang 140 x 240 mm dengan bentang 2000 mm sedangkan untuk pengujian geser 120 x 240 mm dengan bentang 1700 mm. Tipe pembebanan three point loading. Hasil penelitian terlihat peningkatan kapasitas lentur 40,66% dan kapasitas geser 121.36%.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: agregat, beton HVFA, fly ash, semen, lentur, geser
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 May 2019 02:09
Last Modified: 03 May 2019 02:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18524

Actions (login required)

View Item View Item