CITIZEN JOURNALISM DAN INSTAGRAM (Studi Kasus Praktik Citizen Journalism Melalui Instagram oleh Generasi Y di Indonesia)

WARIKAR, ELIZABETH FLORENCE (2019) CITIZEN JOURNALISM DAN INSTAGRAM (Studi Kasus Praktik Citizen Journalism Melalui Instagram oleh Generasi Y di Indonesia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ELIZABETH FLORENCE WARIKAR)
KOM05328.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai praktik citizen journalism yang dilakukan oleh para generasi Y di Indonesia melalui Instagram. Melihat bahwa Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh para generasi Y. Selain itu, Instagram juga dianggap sebagai platform media sosial paling narsis. Tak heran bila Instagram biasa digunakan untuk menunjukkan jati diri melalui konten-konten yang diunggah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat generasi Y Indonesia dalam memanfaatkan Instagram. Tidak sekadar berisi swafoto namun berisi konten-konten informatif atas suatu peristiwa atau fenomena tertentu yang bermanfaat bagi khalayak. Khalayak yang dimaksud adalah pengikut Instagram akun tertentu maupun pengguna Instagram secara luas. Informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk berita mulai dari hard news, soft news, dan feature. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus bentuk intrinsik yang dikemukakan oleh Stake. Berdasarkan pengertiannya, studi kasus intrinsik adalah penelitian yang ingin mendalami suatu kasus tertentu. Peneliti ingin mengetahui lebih dalam terkait dengan suatu fenomena, keteraturan, maupun kekhususan kasus. Maka hasil penelitian dalam studi kasus ini tidak bisa digeneralisasikan. Sampling diperoleh oleh penulis melalui teknik purposive dan snowball yang pada akhirnya mendapatkan tiga akun Instagram, yaitu @ndaruto, @kokbisa, dan @anggertimur. Sampel diteliti dengan melakukan observasi akun Instagram, observasi proses produksi konten, serta wawancara dengan para pemilik serta pengelola akun-akun Instagram tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah praktik citizen journalism telah dilakukan oleh beberapa generasi Y di Indonesia. Mereka sadar pentingnya berbagi informasi yang tidak dipaparkan oleh media arus utama. Keberadaan Instagram yang digemari oleh generasi Y juga disadari mampu untuk menjadi wadah paparan konten-kontennya kepada khalayak. Butuh adanya loyalitas terhadap masyarakat dalam menyebarkan informasi supaya menghindari tujuh dosa besar citizen reporter tetapi menerapkan netiket.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism, Media Sosial, Instagram, Platform, Netiket, Generasi Y.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 07 May 2019 04:19
Last Modified: 07 May 2019 04:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item