DESAIN PONDASI BORED PILE DAN DINDING BASEMENT PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT AKADEMIK UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA BANTUL YOGYAKARTA

DEA, ROSARIA GRACIA (2019) DESAIN PONDASI BORED PILE DAN DINDING BASEMENT PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT AKADEMIK UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ROSARIA GRACIA DEA)
TS15575.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pondasi terletak dibagian paling bawah bangunan dan berfungsi menopang dan memindahkan beban struktur kedalam tanah. Terdapat dua jenis pondasi yang sering digunakan dilapangan, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dalam berupa pondasi tiang digunakan apabila beban struktur sangat besar dan/atau keadaan tanah jelek. Dinding basement atau dinding penahan tanah berfungsi untuk memberikan ruang tambahan pada bangunan sekaligus menahan gaya tekanan aktif lateral. Dinding yang digunakan dalam perencanaan ini adalah dinding turap berjangkar. Dinding diberikan jangkar penguat untuk menahan momen dari tekanan tanah aktif. Perencanaan pondasi menggunakan metode kekuatan bahan dan metode Reese & Wright untuk data N-SPT. Perencanaan dilakukan terhadap 3 variasi diameter yaitu 40, 60 dan 80 cm. Metode Reese & Wright memberikan hasil daya dukung ijin yang lebih kecil dibandingkan dengan metode kekuatan bahan sehingga perencanaan dilanjutkan dengan menggunakan daya dukung ijin dari metode Reese & Wright. Selanjutnya dilakukan perhitungan efisiensi kelompok tiang menggunakan metode Feld. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa pondasi paling optimal terdapat pada tiang diameter 80 cm pada kedalaman 20 m dan berjumlah 3 (tiga) buah. Perencanaan dinding basement menggunakan metode free earth support. Hasil perhitungan mendapatkan kedalaman dinding yang sesuai untuk Rumah Sakit Akademik UII ialah 3,5 meter, dengan gaya tarik jangkar sebesar 41,3 kN. Berdasarkan analisa stabilitas guling, dinding basement dianggap stabil dalam menahan gaya guling karena memperoleh nilai faktor keamanan sebesar 1,5.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bore pile, metode Reese & Wright, metode Feld, turap berjangkar, free earth support.
Subjects: Sipil > Hidro
Sipil > Hidro
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 10 May 2019 05:20
Last Modified: 10 May 2019 05:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18575

Actions (login required)

View Item View Item