PANDIA, EFHA VAUELINA (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMBERIAN INFORMASI DAN KEMAMPUAN RESPON PELANGGAN DI FRAPPIO COFFEEHOUSE AND ICE CREAM YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02706.pdf Download (815kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02706.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02706.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02706.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02706.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hubungan dengan pelanggan adalah salah satu hal penting yang diperhatikan oleh setiap perusahaan. Salah satunya adalah coffeeshop, tempat yang tidak hanya menjual produk makanan dan minuman tetapi juga menjual suasana termasuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Hubungan baik bukan hanya sekedar hubungan antara pelanggan dan pembeli, tetapi di dalamnya terdapat proses komunikasi melalui saluran interpersonal. Komunikasi interpersonal dapat menjadi salah satu strategi yang digunakan dalam menjalin hubungan pelanggan, karena komunikasi Interpersonal merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menjalin sebuah hubungan, dapat tercipta suatu hubungan yang baik dan berkesinambungan, sehingga tujuannya pada jangka panjang dapat menciptakan loyalitas pelanggan bagi perusahaan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini menggunakan uncertainty reduction theory (URT) di dalam komunikasi interpersonal sebagai landasan untuk melihat hubungan antara tingkat pemberian informasi dan kemampuan respon pelanggan Frappio. Tidak jarang ditemui keadaan dimana pelanggan merasa tidak pasti dan tidak nyaman dalam berperilaku atau bingung ketika berkunjung ke coffeehop dan hal ini dapat disebabkan oleh ketidakpastian dan ketidaktahuan pelanggan dalam berhubungan dengan barista dan berperilaku di Frappio. Di dalam URT disebutkan bahwa pemberian informasi yang sesuai akan membantu komunikasi diantara dua orang menjadi lebih nyaman, ditambah lagi apabila salah satunya mempunyai pengetahuan yang berhubungan dengan proses komunikasi tersebut, maka akan sangat membantu dalam merespon dan berperilaku akan orang lain. Sehingga keluasan wawasan digunakan dalam penelitian ini untuk menguatkan atau melemahkan hubungan antara keduanya Tingkat pemberian informasi merupakan variabel bebas. Kemampuan respon merupakan variabel terikat, dan keluasan wawasan pelanggan adalah variabel antara, yakni yang memperkuat atau memperlemah hubungan. Tingkat pemberian informasi diukur melalui penguasaan informasi, kejelasan dan kelengkapan informasi yang diberikan oleh barista. Kemampuan respon diukur melalui awaraness, interest, evaluation,trial dan adoption. Sementara itu keluasan wawasan diukur dari pengalaman, pengetahuan dan pemahaman pelanggan mengenai coffeeshop dan hubungan dirinya dengan orang-orang didalamnya. Untuk mengukur hubungan variabel tersebut digunakan metode survei dengan menyebarkan kuisioner kepada sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pemberian informasi dan kemampuan respon yang dikuatkan dengan keluasan wawasan pelanggan dan hubungan tersebut berarah positif. Hal ini sesuai URT yang menyebutkan bahwa pemberian informasi yang sesuai dan pengetahuan yang dimiliki dapat membantu merubah keadaan tidak pasti diantara dua orang menjadi pasti sehingga terjalin hubungan yang baik. Bagi Frappio, berarti terjalin komunikasi interpersonal yang baik dengan pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman dan diharapkan dalam jangka panjang dapat berdampak baik dengan terbentuknya loyalitas pelanggan bagi perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hubungan pelanggan, komunikasi interpersonal, tingkat pemberian informasi, kemampuan respon, keluasan wawasan pelanggan. |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 May 2013 08:55 |
Last Modified: | 29 May 2013 08:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1884 |
Actions (login required)
View Item |