Afrintika, Asti (2019) ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN SELF SERVICE ATAU TENAGA OPERATOR DALAM PELAYANAN CUSTOMER PADA PT PERTAMINA MARKETING BRANCH DIY DAN SURAKARTA STUDI KASUS STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text
EA21029.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akan pengambilan keputusan dari menggunaan self service atau tenaga operator dalam pelayanan kepada customer. Selain itu, penelitian ini juga menguji perbedaan biaya yang dihasilkan dari self service dan penggunan operator. Sampel penelitian adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Baciro Yogyakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada kepala stasiun, kasir, hingga operator. Penelitian ini menggunakan alat analisis present value (PV) terhadap biaya-biaya yang terjadi setiap tahunnya oleh penggunaan self service maupun tenaga operator. Perhitungan dengan present value (PV) memerlukan tingkat diskonto yang diperoleh dari perhitungan rerata ROI dari tahun 2014-2017. Tingkat diskonto yang diperoleh sebesar 9% serta digunakan untuk menghitung pada kurun waktu 5 tahun kedepan. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan self service lebih murah daripada menggunakan tenaga operator. Kesimpulan tersebut dapat ditarik dari perbandingan biaya yang terjadi oleh setiap kelompok dimana telah dilakukan perhitungan dengan PV.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengambilan keputusan, self service, operator |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Manejemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Jun 2019 04:04 |
Last Modified: | 10 Jun 2019 04:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18865 |
Actions (login required)
View Item |