RISET PEMASARAN UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN UMKM WREKSO YOGYAKARTA

PUTRO, FRANSISCUS SOPAN PRANGGONO (2019) RISET PEMASARAN UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN UMKM WREKSO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FRANSISCUS SOPAN PRANGGONO PUTRO)
TI07802.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UMKM Wrekso merupakan usaha mikro kecil dan menengah yang bergerak di bidang kerajinan kulit sapi seperti tas, dompet dan beberapa aksesoris lainnya. Pada tahun 1998 UMKM Wrekso bangkrut karena krisis ekonomi dan memulai pemasaran lokal pada tahun 2011. Saat ini, UMKM Wrekso kesulitan memperluas pasar dan mengalami penurunan omset. Permintaan yang berfluktuasi, menyebabkan penjualan tidak setiap hari ada. UMKM Wrekso pun kesulitan menentukan strategi pemasaran yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. UMKM Wrekso perlu melakukan riset pemasaran untuk mengetahui lingkup pemasaran dan preferensi konsumen mengenai atribut produk dan pemasaran terhadap perilaku konsumen sehingga mampu menentukan strategi pemasaran yang sesuai. Penelitian terdahulu menyatakan bahwa riset pemasaran membantu suatu industri bisnis untuk mendalami aktivitas pemasaran sesuai kondisi lingkungan bisnis. Industri bisnis membutuhkan informasi penting untuk memperoleh orientasi pasar dengan melibatkan peran serta relasi dengan publik untuk mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Maka kebutuhan memperoleh informasi difasilitasi menggunakan kuesioner. Penentuan poin pertanyaan kuesioner didasarkan pada referensi buku pedoman dalam riset pemasaran. Lebih lanjut analisis pada data kuesioner secara deskriptif dilakukan untuk melihat gambaran lingkup pasar yang sesuai dengan produk kerajinan tas kulit Wrekso. Penyajian analisis secara deskriptif menggunakan media diagram pie. Kemudian analisis secara statistik melalui regresi linier berganda digunakan untuk memperoleh informasi pengaruh preferensi responden atas atribut produk dan aktivitas pemasaran terhadap perilaku di kalangan pelanggan. Hasil kedua analisis, yaitu analisis deskriptif dan statistika digabungkan kemudian dibandingkan untuk melihat usulan strategi berdasarkan kondisi pemasaran yang sesuai dengan UMKM Wrekso saat ini. Hasil yang diperoleh adalah UMKM Wrekso perlu berfokus pada manajemen kualitas dan model tas kulit, mempertahankan harga dengan melihat kondisi ekonomi sosial saat ini, promosi melalui media informasi secara aktif dan kreatif serta mempertimbangkan lokasi pemasaran secara online atas dasar suara responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Produk kerajinan kulit, suara konsumen, analisis deskriptif, regresi, strategi pemasaran.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 12 Jun 2019 03:16
Last Modified: 12 Jun 2019 03:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18935

Actions (login required)

View Item View Item