KEPUASAN PENUMPANG BUS GUNUNG HARTA TRAYEK YOGYAKARTA - DENPASAR

Jonathan, Kevin (2019) KEPUASAN PENUMPANG BUS GUNUNG HARTA TRAYEK YOGYAKARTA - DENPASAR. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS157290.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS157291.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS157292.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TS157293.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
TS157294.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB V)
TS157295.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS157296.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bus Antar Kota Antar Provinsi masih menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk bepergian dari satu kota ke kota lainnya. Trayek Yogyakarta – Denpasar merupakan salah satu trayek yang banyak diminati, terbukti dari adanya beberapa Perusahaan Otobus yang beroperasi pada trayek ini, yaitu PO. Gunung Harta, PO. Tami Jaya, PO. Safari Dharma Raya, dan PO. Wisata Komodo. PO. Salah satu Perusahaan Otobus yang beroperasi pada kelas eksekutif dalam trayek ini adalah PO.Gunung Harta, dengan 2 unit armada Mercedes Benz terbaru yang masing – masing berkapasitas 30 penumpang. Fasilitas unggulan berupa sambungan internet gratis, dan ruangan khusus merokok di dalam bus menjadikan Perusahaan Otobus asal Bali ini primadona di kelasnya. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perlu dilakukan pengujian tingkat kepuasan penumpang PO. Gunung Harta, khususnya pada trayek Yogyakarta - Denpasar. Pengumpulan data berupa kuesioner yang diberikan kepada 121 penumpang, yang dilakukan pada tanggal 14 sampai dengan 23 Desember 2018. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analisys (IPA) yang di dalamnya terdapat teknik analisis tingkat kesesuaian dan diagram kartesius untuk menghitung atau mencari tingkat kepuasan penumpang serta menganalisis faktor-faktor yang berkaitan atau mempengaruhi kepuasan pengguna jasa angkutan umum PO. Gunung Harta. Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian, tingkat kepuasan penumpang Bus Gunung Harta Trayek Yogyakarta - Denpasar rata-rata 92,94%. Dari hasil analisis diagram Kartesius pelayanan yang harus dipertahankan karena dianggap sangat penting oleh penumpang dan hasilnya sangat memuaskan adalah : Variabel 1, 3, 4, 8, 9, 23, 24, 25, 27, 28, 30, 31, dan 32. Sedangkan pelayanan yang harus diprioritaskan untuk ditingkatkan karena dianggap penting oleh penumpang namun pada kenyataannya atribut tersebut belum sesuai dengan harapan penumpang adalah : Variabel 5, 7, 10,14, dan faktor lainnya seperti penambahan jadwal keberangkatan, fasilitas di dalam bus, pool, dan di terminal, kemudahan menjangkau tempat pemberangkatan, promo tiket, servis makan, kebersihan toilet, dan ketersediaan lampu baca.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gunung Harta, Bus AKAP, Eksekutif, Kepuasan, Harapan Kualitas Pelayanan, Kinerja. Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jun 2019 03:46
Last Modified: 13 Jun 2019 03:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18953

Actions (login required)

View Item View Item