PENENTUAN TARIF SEWA KAMAR HOTEL DENGAN METODE COST-PLUS PRICING PENDEKATAN FULL COSTING PADA RUMAH PALAGAN GUEST HOUSE YOGYAKARTA

Melisa, . (2019) PENENTUAN TARIF SEWA KAMAR HOTEL DENGAN METODE COST-PLUS PRICING PENDEKATAN FULL COSTING PADA RUMAH PALAGAN GUEST HOUSE YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20603.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penentuan harga jual merupakan hal yang penting untuk diperhitungkan dalam badan usaha maupun usaha jasa seperti perhotelan. Dalam usaha perhotelan tarif sewa kamar menjadi salah satu proses pengambilan keputusan yang penting untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga sewa per kamar pada Rumah Palagan Guest House dengan metode cost-plus pricing pendekatan full costing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara langsung kepada manajer, (2) dokumentasi data, (3) observasi langsung. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) mengidentifikasi biaya tiap jenis tipe kamar, (2) mengklasifikasi biaya langsung dan tidak langsung pada tiap tipe kamar dan mengalokasikannya ke setiap tipe kamar, (3) menghitung totalan biaya dengan menambahkan biaya langsung dan tidak langsung ke setiap tipe kamar, (4) laba yang diharapkan ke setiap tipe kamar menggunakan rata-rata tertimbang, (5) menghitung laba yang diharapkan per kamar, (6) menghitung harga sewa kamar. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tarif sewa per kamar pada Rumah Palagan Guest House untuk tahun 2018 untuk tipe standard room Rp 268.000, tipe Deluxe Rp 305.000, Suite Rp 365.000, dan Presidential Rp 398.000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tarif sewa Kamar, Cost-plus pricing, Full costing
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Jun 2019 04:46
Last Modified: 14 Jun 2019 04:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/18966

Actions (login required)

View Item View Item